Lewati Ronaldo, Messi Koleksi Gelar Terbaik Dunia Terbanyak

CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 05:23 WIB
Lewati Ronaldo, Messi Koleksi Gelar Terbaik Dunia Terbanyak Lionel Messi sudah meraih enam gelar individu level dunia. (AP Photo/Antonio Calanni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keberhasilan Lionel Messi menjadi pemain terbaik dunia 2019 membuat pemain asal Argentina itu kembali unggul atas Cristiano Ronaldo.

Messi kini tercatat sudah enam kali menjadi pemain terbaik dunia, dengan berbagai nama penghargaan. Sementara Ronaldo baru lima kali.

Persaingan Messi dan Ronaldo dalam ajang perebutan gelar individu level dunia sudah terjadi sejak 2008. Pada 11 tahun lalu, Ronaldo mengawali persaingan dengan Messi setelah menjadi pemenang penghargaan Ballon d'Or ketika masih berkostum Manchester United.


Setelah kalah dari Ronaldo, Messi kemudian melesat. Dalam empat tahun beruntun sejak 2009 hingga 2012, pemain Barcelona itu selalu menjadi kampiun dalam ajang penghargaan individu.

Lewati Ronaldo, Messi Koleksi Gelar Terbaik Dunia TerbanyakAksi Lionel Messi bersama Barcelona pada musim lalu. (REUTERS/Marcelo del Pozo)
Pada 2009, Messi meraih gelar Balon d'Or. Sementara tiga tahun selanjutnya gelar yang didapat kapten timnas Argentina itu berubah nama menjadi FIFA Ballon d'Or.

Keunggulan telak Messi, kemudian dikejar lagi oleh Ronaldo pada 2013. Lima tahun setelah gelar pertamanya, Ronaldo kemudian naik panggung lagi untuk menerima predikat pesepakbola paling top sedunia dalm ajang FIFA Ballon d'Or. Ini merupakan kali pertama Ronaldo meraih penghargaan prestisius tersebut setelah berstatus sebagai pemain Real Madrid.

[Gambas:Video CNN]
Setahun berselang, Ronaldo berhasil mempertahankan status gelar bergengsi tersebut. Pada 2015, Messi kembali mengambil alih podium untuk merengkuh gelar yang kelima.

Lewati Ronaldo, Messi Koleksi Gelar Terbaik Dunia Terbanyak
Setelah nama penghargaan kembali berubah menjadi The Best FIFA pada 2016, Ronaldo lagi-lagi unjuk kemampuan seiring keberhasilan menjadi juara Liga Champions. Kegemilangan di ajang antarklub Eropa itu pula yang membuatnya kembali meraih gelar pada 2017.

Jumlah gelar Ronaldo dan Messi pun imbang. Keduanya sama-sama mengoleksi lima gelar individu kelas dunia. Tahun lalu, Ronaldo dan Messi pun harus melihat Luka Modric yang tampil sebagai pemain terbaik.

Namun tahun ini, Messi kembali menegaskan status sebagai pemain terbaik dunia sekaligus mengungguli Ronaldo. (nva/nva)