Neymar Seret Barcelona ke Pengadilan

CNN Indonesia | Jumat, 27/09/2019 15:55 WIB
Neymar Seret Barcelona ke Pengadilan Neymar tuntut Barcelona kembalikan bonus loyalitas miliknya. (REUTERS/Rahel Patrasso)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang asal Brasil Neymar menggugat mantan klubnya Barcelona terkait bonus loyalitas yang belum dibayarkan klub berjuluk Blaugrana tersebut.

Neymar tiba di Bandara Barcelona pada Kamis (26/9) waktu setempat dengan didampingi ayahnya, Neymar Sr. Pemain 27 tahun itu dijadwalkan melakoni sidang di Pengadilan Barcelona pada Jumat (27/9) pukul 09.45 waktu setempat.

Dikutip dari Reuters, Neymar menghadiri sidang tersebut karena menuntut bonus loyalitas sebesar 26 juta euro (sekitar Rp402 miliar) yang belum dibayarkan Barcelona kepadanya.


Bonus itu merupakan tambahan dari biaya yang diberikan Barcelona kepada Neymar saat menandatangani perpanjangan kontrak pada Oktober 2016. Saat itu Neymar memperpanjang kontrak dengan Barcelona hingga 2021.

Tetapi belum genap satu tahun setelah pembaruan kontrak itu, Neymar memilih pindah ke Paris Saint-Germain dengan memecahkan rekor transfer, 222 juta euro atau setara dengan Rp3,4 triliun.

Kepindahan Neymar ke PSG pada 2017 berbuntut masalah dengan Barcelona.Kepindahan Neymar ke PSG pada 2017 berujung masalah dengan Barcelona. (REUTERS/Christian Hartmann)
Karena kepindahan tersebut Blaugrana menolak membayarkan bonus loyalitas kepada Neymar. Saat itu Barcelona mengklaim Neymar melanggar peraturan yang disepakati karena bernegosiasi dengan klub lain untuk pindah dari Barcelona, tidak menyelesaikan kontrak, dan Neymar meninggalkan Barcelona sebelum 1 September, atau tanggal pembayaran bonus tersebut.

[Gambas:Video CNN]
Sementara itu, bukan hanya Neymar yang melayangkan tuntutan kepada Barcelona. Menurut laporan Sport, klub yang bermarkas di Camp Nou itu juga meminta Neymar mengembalikan 14 juta euro uang yang telah dibayarkan kepadanya pada November 2016 usai penandatanganan kontrak baru.

Neymar Seret Barcelona ke Pengadilan
Masalah bonus ini sempat disinggung saat rumor Neymar kembali ke Barcelona muncul di bursa transfer musim 2019/2020. Neymar bisa pulang ke Catalunya jika pemain asal Brasil itu tidak menuntut bonusnya dibayarkan Barcelona.

Neymar bermain di Barcelona selama empat musim sejak 2013 dengan mengoleksi 105 gol di semua kompetisi. Dalam kurun waktu tersebut, Neymar meraih sejumlah trofi bergengsi seperti Liga Spanyol, Copa del Rey, hingga Liga Champions. (sry/har)