Wawan Bersyukur Masuk Timnas Indonesia di Usia 36

CNN Indonesia | Jumat, 27/09/2019 20:40 WIB
Wawan Bersyukur Masuk Timnas Indonesia di Usia 36 Wawan Hendrawan dipanggil ke Timnas Indonesia dalam usia yang tidak muda lagi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wawan Hendrawan bersyukur masuk daftar panggil skuat Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) dan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Di usianya yang sudah 36 tahun, kiper Bali United itu untuk kali pertama dipanggil masuk skuat Timnas Indonesia. Penampilannya bersama Bali United membuat pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy tertarik memanggilnya.

"Pastinya bersyukur di usia yang tidak lagi muda saya masih diberi kesempatan untuk bergabung dengan Timnas. Saya ucapkan terima kasih buat suporter yang mendukung. Semoga saya bisa mengemban amanah dan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan diberikan kekuatan untuk membantu Timnas," kata Wawan kepada CNNIndonesia.com, Jumat (27/9).


Bergabung dengan Bali United pada 2017, Wawan langsung menjadi andalan tim berjuluk Serdadu Tridatu tersebut. Musim ini Wawan tercatat sembilan kali melakukan clean sheet di Liga 1 2019.

Wawan Hendrawan tampil memikat di bawah mistar Bali United. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Saya hanya mengikuti arus saja. Mungkin ini sudah jalannya [bergabung dengan Timnas Indonesia]. Selama ini saya hanya bekerja keras sebaik mungkin di setiap pertandingan bersama klub saya untuk memberikan yang terbaik. Jalani saja. Saya harus mempersiapkan apapun karena itu konsekuensi dari perjalanan hidup," ucap Wawan.

Wawan dipanggil Simon setelah penampilan Andritany Ardhiyasa di dua laga penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia dan Thailand mendapat kritikan keras dari suporter.

[Gambas:Video CNN]
Wawan mengatakan kontribusi yang sudah diberikan Andritany buat Timnas Indonesia cukup besar. Hanya saja harapan suporter yang besar kepada skuat Garuda tidak sejalan dengan hasil yang diraih.

Wawan juga yakin Andritany yang merupakan kiper Persija Jakarta itu punya mental yang kuat untuk menghadapi kritikan dari suporter.

"Kita harus tetap dukung dan berdoa semoga Timnas bisa melupakan yang telah berlalu dan konsentrasi untuk ke depannya. Pada hakikatnya, tidak ada seorang pun pemain yang mau bermain buruk. Apalagi untuk negara, pasti mau memberikan yang terbaik. Hanya kejadian di lapangan kan bisa berbeda," ucap Wawan.

Wawan bakal bergabung untuk menjalani latihan perdana bersama Timnas Indonesia pada Selasa (1/10). Wawan berharap bisa langsung menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan skema dan pola permainan yang diinginkan pelatih.

"Saya siap-siap saja [jika dimainkan] karena yang punya wewenang dan hak untuk memilih pemain adalah pelatih. Jadi kami sebagai pemain harus menghargai, menghormati dan harus patuh serta nurut dengan keputusan pelatih," ujar Wawan. (TTF/har)