MU vs Arsenal: Pernah Sengit di Era Ferguson dan Wenger

CNN Indonesia | Senin, 30/09/2019 07:11 WIB
MU vs Arsenal: Pernah Sengit di Era Ferguson dan Wenger MU vs Arsenal pernah menjadi rival di era Ferguson dan Wenger. (AFP PHOTO/PAUL ELLIS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rivalitas Manchester United vs Arsenal pernah berlangsung sengit di era duo pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger.

Ferguson digdaya di MU, sementara Wenger merevolusi The Gunners. Ferguson memang tiba lebih dulu di Premier League jauh sebelum Wenger tiba. Fergie sudah menangani MU sejak 1986, sementara Wenger baru hadir di London pada 1996.

Namun, kedua pelatih ini ditakdirkan untuk menjadi rival. Wenger sempat jadi pengganggu dominasi gelar MU di era Ferguson.


Prestasi Wenger memang tak segemerlap Ferguson bila trofi menjadi tolok ukurnya. Wenger hanya meraih 3 gelar Liga Inggris dan 7 trofi Piala FA bersama The Gunners sedangkan Fergie mengoleksi 13 trofi Liga Inggris dan 5 Piala FA.

MU vs Arsenal: Pernah Sengit di Era Ferguson dan WengerMU akan menghadapi Arsenal di Liga Inggris. (REUTERS/Darren Staples)
Namun, rivalitas kedua manajer menjadi bumbu penyedap Premier League di masanya. Fergie-Wenger sering terlibat perang kata-kata di media tapi tetap saling respek.

Kedua peracik strategi tersebut juga tercatat sebagai pelatih yang paling lama menangani satu klub di Liga Inggris. Fergie 27 tahun di Manchester dan Wenger 22 tahun di London.

Durasi panjang sebagai pelatih di satu klub menjadi pencapaian yang sulit terulang di era sepak bola modern dewasa ini. Di mana manajemen klub terkesan ringan melakukan pemecatan.

MU vs Arsenal: Pernah Sengit di Era Ferguson dan Wenger
Fergie memutuskan pensiun dari MU pada 2013 dan lima tahun kemudian Wenger menyusul. Kepergian kedua pelatih legendaris ini disebut-sebut sebagai akhir sebuah era.

Rivalitas MU dan Arsenal juga merembet kepada kedua kapten legendaris kedua tim. Roy Keane di MU dan Patrick Vieira di Arsenal. Keduanya sama-sama bermain di tengah dan kerap terlibat cekcok di lapangan.

Kini, baik MU dan Arsenal kesulitan bersaing meraih gelar juara Premier League. Musim lalu, kedua tim bahkan terlempar dari empat besar dan harus bermain di kasta kedua kompetisi Eropa.

Arsenal dan MU masing-masing finis di posisi kelima dan keenam di Liga Inggris 2018/19. Pada Senin (21/9) waktu setempat, Man United akan menjamu Arsenal pada lanjutan pekan ketujuh Premier League. (jun)