Marquez Bukan Pebalap Spanyol Terbaik Sepanjang Masa

CNN Indonesia | Senin, 07/10/2019 13:11 WIB
Marquez Bukan Pebalap Spanyol Terbaik Sepanjang Masa Marc Marquez merayakan gelar juara dunia kedelapan di podium MotoGP Thailand 2019. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Marc Marquez sudah meraih delapan gelar juara dunia, namun pebalap 26 tahun itu masih terpaut cukup jauh dari legenda balap Spanyol Angel Nieto.

Kemenangan di MotoGP Thailand 2019 memastikan Marquez menjadi juara untuk kali keenam di kelas MotoGP. Sebelum itu, Marquez lebih dulu mengangkat trofi juara dunia Moto2 pada 2012 dan juara dunia 125cc pada 2010.

Catatan gelar Marquez melampaui beberapa pebalap asal Spanyol seperti Maverick Vinales, dan Jorge Lorenzo. Bahkan prestasinya melebihi mantan pebalap asal Negeri Matador tersebut macam Dani Pedrosa, Carlos Checa, Sete Gibernau, atau Alex Criville.


Namun Marquez belum bisa melewati torehan Nieto. Pebalap yang sudah meninggal pada Agustus 2017 di usia 70 tahun itu memang tidak pernah meraih gelar juara dunia di kelas utama, namun Nieto merupakan pebalap yang diwaspadai para pebalap di kelas 50cc dan 125cc.

Marquez Bukan Pebalap Spanyol Terbaik Sepanjang MasaMarc Marquez merayakan gelar juara kedelapan di Thailand. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)
Di kelas 50cc, Nieto tampil sebagai kampiun sebanyak enam kali. Nieto juga meraih gelar juara dunia kelas 125cc sebanyak tujuh kali.

Jumlah kemenangan Nieto dalam lintasan balap mencapai 90 kali, atau berada di urutan ketiga setelah Giacomo Agostini yang meraih 122 kemenangan dan Valentino Rossi yang sudah 115 kali finis pertama.

[Gambas:Video CNN]
Sementara Marquez hingga kini masih berada di peringkat keempat dengan mengoleksi 79 kemenangan di berbagai kelas.

Marquez Bukan Pebalap Spanyol Terbaik Sepanjang Masa
Dengan usia yang masih tergolong muda, Marquez memiliki peluang melampaui jumlah kemenangan Nieto. Pada musim ini saja, Marquez masih memiliki empat seri untuk dilalui yakni MotoGP Jepang, Australia, Malaysia, dan Valencia.

Balapan MotoGP Jepang yang akan berlangsung 20 Oktober 2019 dapat disaksikan secara live streaming di CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung MotoGP Jepang akan disiarkan langsung oleh Trans 7. (nva/har)