7 Catatan Sensasional Marquez Usai Juara Dunia MotoGP

CNN Indonesia | Senin, 07/10/2019 15:58 WIB
Marc Marquez mengunci gelar juara dunia kedelapan pada balapan MotoGP Thailand 2019 dengan sederet catatan statistik yang sensasional. Marc Marquez sudah delapan kali menjadi juara dunia. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Marc Marquez mengunci gelar juara dunia kedelapan pada balapan MotoGP Thailand 2019 di Sirkuit Buriam, Minggu (6/10), dengan sederet catatan statistik yang sensasional.

Pebalap Repsol Honda itu hanya butuh 15 balapan untuk memastikan gelar juara dunia MotoGP 2019. Dengan 325 poin, Marquez pun memastikan gelar juara. Raihan poin Marquez masih bisa bertambah karena masih ada empat seri balapan tersisa.

Marquez tidak main-main dalam mempertahankan gelar. Penampilan yang konsisten membuatnya sulit dikejar para pesaing. Hingga seri ke 15 di Buriam, Marquez meraih sembilan kemenangan, lima kali runner up, dan sembilan kali pole position.


Berikut sejumlah catatan statistik Marquez selama berkarier sebagai pebalap MotoGP:

1. Marquez menjadi pebalap termuda yang pernah memenangkan enam gelar kelas utama, pada usia 26 tahun dan 231 hari, sekaligus mengalahkan rekor yang dipegang oleh Giacomo Agostini yang saat itu berusia 29 tahun dan 25 hari ketika ia memenangkan gelar kelas utama keenamnya di GP Jerman Timur 1971.

7 Catatan Statistik Senasional Marquez di MotoGPMarc Marquez, Fabio Quartararo, dan Maverick Vinales berada di podium MotoGP Thailand 2019. (AP Photo/Sakchai Lalit)
2. Super Marquez juga menjadi pebalap termuda sepanjang masa yang berjaya pada delapan kejuaraan dunia, mengalahkan rekor Mike Hailwood yang meraih delapan gelar pada usia 27 tahun dan 112 hari.

3. Marquez bergabung dengan Valentino Rossi dan Giacomo Agostini sebagai salah satu dari tiga pebalap yang telah meraih enam atau lebih kejuaraan dunia kelas utama.

[Gambas:Video CNN]
4. Marquez adalah satu dari hanya enam pebalap yang setidaknya telah mengumpulkan delapan gelar juara dunia dari berbagai kelas. Selain Carlo Ubbiali (9), Mike Hailwood (9), Valentino Rossi (9), Angel Nieto (13) dan Giacomo Agostini (15)

7 Catatan Statistik Senasional Marquez di MotoGP
5. Bersama Honda, Marquez telah menjadi juara dunia sebanyak enam kali. Catatan tersebut melebihi rekor yang sebelumnya tercatat atas nama Mick Doohan yang pernah mengukir prestasi juara dunia lima kali bersama pabrikan asal Jepang tersebut.

6. Marquez telah memenangkan setidaknya lima seri per musim selama sepuluh tahun terakhir, dalam tiga kategori berbeda: 125cc, Moto2, dan MotoGP. Sebelumnya hanya Mike Hailwood yang mampu meraih setidaknya lima kemenangan per musim di tiga kelas berbeda selama tujuh tahun, antara 1961 hingga 1967.

7. Jika hanya melihat performa di MotoGP, Marquez setidaknya meraih lima kemenangan per musim dalam tujuh tahun beruntun. Catatan tersebut memecahkan rekor Valentino Rossi dan Giacomo Agostini yang meraih setidaknya lima kemenangan hanya dalam enam musim beruntun. (mcf/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK