Lorenzo Sindir Kesuksesan Marquez dan Honda di MotoGP

CNN Indonesia | Selasa, 08/10/2019 07:49 WIB
Lorenzo Sindir Kesuksesan Marquez dan Honda di MotoGP Marc Marquez (kiri) dan Jorge Lorenzo (kanan) menjadi andalan Repsol Honda. (JORGE GUERRERO / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jorge Lorenzo merasa tidak mendapat perhatian dari tim Repsol Honda yang lebih mengutamakan Marc Marquez.

Di saat Marquez menambah jumlah kemenangan di lintasan MotoGP dan gelar juara dunia, Lorenzo masih tertatih-tatih untuk bangkit bersama tim barunya.

Lorenzo tidak mampu tampil di barisan terdepan sejak awal musim ini, setelah pindah dari Ducati. Juara dunia MotoGP 2010, 2012, dan 2015 itu tidak pernah menembus peringkat 10 besar. Pebalap yang juga pernah membela Yamaha itu kini hanya menempati peringkat ke-19 dengan 23 poin.


Catatan terbaik Lorenzo pada musim ini adalah finis ke-11 pada balapan MotoGP Prancis. Lorenzo juga tercatat dua kali gagal finis. Dalam dua balapan terakhir di MotoGP Aragon dan Thailand, Lorenzo gagal mendapat poin karena finis di urutan ke-20 dan ke-18.

Lorenzo Sindir Kesuksesan Marquez dan Honda di MotoGPJorge Lorenzo finis tanpa poin di MotoGP Thailand 2019. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)
Mantan rekan satu tim Valentino Rossi itu menilai tim Repsol Honda tidak memberi perhatian yang sama antara dirinya dan Marquez. Lorenzo pun menilai permasalahan yang dialaminya terlepas dari cedera yang diderita sejak musim lalu.

[Gambas:Video CNN]
"Saya sangat lambat dan memiliki banyak kerugian dibanding pebalap lain. Saya tidak memiliki intuisi yang baik untuk mengerem. Mesin menimbulkan batasan, itulah masalah utamanya. Masalahnya akan tetap sama di Motegi [MotoGP Jepang], kami tidak akan mencoba hal baru yang bisa membuat perbaikan signifikan. Segalanya menjadi lebih buruk dibanding Aragon dan ini tidak baik," jelas Lorenzo dikutip dari Tuttomotoriweb.

"Akan menarik jika Honda bisa konsentrasi pada masalah yang berasal dari mesin di tikungan sehingga tidak hanya satu pebalap saja yang bisa memenangkan balapan," sambungnya.

Lorenzo Sindir Kesuksesan Marquez dan Honda di MotoGP
Setelah pindah dari Yamaha pada 2016, Lorenzo tidak mampu bersaing dalam perburuan gelar juara. Bersama Ducati, Lorenzo hanya mampu menempati peringkat ketujuh pada MotoGP 2017 dan peringkat kesembilan pada MotoGP 2018.

Padahal sejak berlaga di MotoGP 2008 hingga 2016 bersama Yamaha, Lorenzo tidak pernah keluar dari posisi empat besar di klasemen pebalap.

Seri MotoGP selanjutnya akan berlangsung di MotoGP Jepang 20 Oktober. Live streaming MotoGP Jepang dapat disaksikan di CNNIndonesia.com. Sedangkan siaran langsung dapat diikuti di stasiun televisi Trans 7. (nva/nva)