KP PSSI: La Nyalla Belum Resmi Mundur dari Bakal Calon Ketua

CNN Indonesia | Selasa, 08/10/2019 18:30 WIB
KP PSSI: La Nyalla Belum Resmi Mundur dari Bakal Calon Ketua La Nyalla Mattalitti dikabarkan mundur dari bursa calon Ketua Umum PSSI. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Komite Pemilihan PSSI, Syarif Bastaman, menegaskan La Nyalla Mattalitti belum resmi mundur dari bursa calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Syarif mengaku sudah mendengar kabar tentang rencana pengunduran La Nyalla dari bursa calon Ketua Umum PSSI. Namun, ia tak mau terburu-buru bersikap karena belum mendapat surat resmi dari yang bersangkutan.

"Belum ada konfirmasi resmi. Kalau mau mundur harus memberikan surat pengunduran diri secara legal. Kan majunya pakai surat resmi, mundur juga harus begitu. Sejauh ini belum ada," kata Syarif kepada CNNIndonesia.com, Selasa (8/10).


Jika merujuk regulasi, dokumen persyaratan La Nyalla sudah lengkap. Termasuk surat keterangan bebas masalah hukum dari pengadilan.

[Gambas:Video CNN]
Diketahui, La Nyalla pernah ditetapkan sebagai tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus dugaan dana hibah saat menjabat Ketua Kadin Jawa Timur.

Kongres Luar Biasa PSSI memaksa La Nyalla mundur karena terlibat masalah hukum. Namun, majelis hakim Pengadilan Tipikor memvonisnya bebas pada 27 Desember 2016.

La Nyalla divonis bebas dari tudingan korupsi dana hibah Kadin Jawa Timur.La Nyalla divonis bebas dari tudingan korupsi dana hibah Kadin Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Komite Pemilihan PSSI pun menyatakan La Nyalla yang kini menjabat Ketua DPD RI berhak maju sebagai calon sesuai dengan surat keterangan resmi dari pengadilan.

"Kalau dari persyaratan beliau sudah lengkap. Surat keterangan dari pengadilannya ada dari Pengadilan Negeri Surabaya dan disebut dia sedang tidak terlibat masalah hukum," ujarnya.

KP PSSI: La Nyalla Belum Resmi Mundur
CNNIndonesia.com sudah mencoba mengonfirmasi La Nyalla namun belum mendapatkan respons hingga berita ini diturunkan.

Sejuah ini KP sudah menetapkan 11 nama bakal calon yang lolos seleksi awal. Mereka adalah Arif Putra Wicaksono, Alven Hinelo, Benhard Limbong, Fary Djemy Francis, La Nyalla Mattaliti, Mochamad Iriawan, Rahim Soekasah, Sarman El Hakim, Vijaya Triyasa, Benny Erwin, dan Yesayas Oktavianus.

Para bakal calon harus melewati tahap tes integritas. Bakal calon yang tidak lolos masih diberi kesempatan mengajukan banding pada rentang 9-13 Oktober.

Hasil banding akan diumumkan pada 16 Oktober dilanjutkan masa kampanye calon ketua umum 24-31 Oktober 2019 dan diakhiri pemungutan suara pada Kongres PSSI yang akan digelar 2 November 2019. (TTF/jun)