Jelang UEA vs Indonesia, Garuda Susah Kalahkan Tim Asia Barat

CNN Indonesia | Rabu, 09/10/2019 07:52 WIB
Jelang UEA vs Indonesia, Garuda Susah Kalahkan Tim Asia Barat Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Uni Emirat Arab dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Uni Emirat Arab (UEA), Timnas Indonesia memiliki catatan yang tidak baik ketika menghadapi kesebelasan asal kawasan Asia Barat.

Timnas Indonesia kerap kesulitan menghadapi negara-negara asal Timur Tengah. Setelah meraih kemenangan 4-1 atas Palestina pada 2011, Skuat Garuda selalu kalah jika bertemu tim asal Asia Barat.

Dalam kurun waktu delapan tahun terakhir, Tim Merah Putih sudah bertemu dengan kesebelasan nasional Asia Barat seperti Palestina, Yordania, Iran, Bahrain, Arab Saudi, Qatar, Irak, Yaman, dan Suriah.


Selain kemenangan atas Palestina, hasil terbaik yang diraih Timnas Indonesia adalah bermain imbang dengan Arab Saudi, Qatar, dan Yaman dalam laga uji tanding.

Jelang UEA vs Indonesia, Garuda Susah Kalahkan Tim Asia BaratTimnas Indonesia mengalami kekalahan 1-4 ketika beruji tanding dengan timnas Yordania, Juni 2019. (Dok. Jordan Football Association)
Bahkan kekalahan paling telak dalam sejarah Timnas Indonesia dialami ketika berhadapan dengan Bahrain pada 2012. Ketika itu skuat yang ditangani Aji Santoso kalah 0-10 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014.

[Gambas:Video CNN]
Timnas Indonesia pun pernah mengalami kekalahan dari timnas Suriah U-23 dalam laga uji tanding 2017.

Kekalahan dari kesebelasan asal Asia Barat yang terakhir dialami Timnas Indonesia adalah ketika beruji tanding dengan Yordania, Juni 2019.

Jelang UEA vs Indonesia, Garuda Susah Kalahkan Tim Asia Barat
Sementara statistik menghadapi UEA yang dikutip dari situs 11vs11 menunjukkan Indonesia pernah mengalami dua kekalahan dan meraih dua kemenangan melawan skuat Al Abyad tersebut. Namun kemenangan diraih pada tahun 1980-an.

Pertemuan terakhir antara Indonesia dan UEA terjadi di ajang sepak bola kelompok umur, tepatnya pada Asian Games 2018. Dalam babak 16 besar, UEA menang adu penalti atas Andritany Ardhyasa dan kawan-kawan setelah bermain imbang 2-2 hingga laga berjalan 120 menit. (nva/nva)