MotoGP 2022 Ada 22 Seri, GP Indonesia Berpeluang Diumumkan

CNN Indonesia | Rabu, 09/10/2019 10:50 WIB
MotoGP 2022 Ada 22 Seri, GP Indonesia Berpeluang Diumumkan MotoGP 2022 dipastikan akan memiliki 22 seri balapan. (Marco Bertorello / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dorna Sports memastikan akan ada 22 seri balapan pada MotoGP 2022 dan GP Indonesia di Sirkuit Mandalika berpeluang diumumkan.

Melalui akun Twitter dan Instagram, pihak Dorna Sports memastikan akan ada 'Berita Besar' untuk ajang MotoGP. Dorna Sports memastikan akan ada 22 balapan mulai MotoGP 2022.

"Pada 2022 kalender MotoGP akan bertambah menjadi 22 seri balapan, dan dalam waktu dekat kami akan umumkan negara pertama yang akan menjadi seri balapan baru MotoGP," demikian pernyataan resmi pihak MotoGP.


Kalender MotoGP musim ini memiliki 19 seri balapan. Sementara untuk MotoGP 2020 akan bertambah menjadi 20 seri balapan menyusul masuknya MotoGP Finlandia di Sirkuit Kymiring.


Dua seri yang berpeluang masuk adalah MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve dan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika. Sebelumnya pihak Dorna dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sudah mencapai kesepakatan untuk menggelar MotoGP Indonesia pada 2021.

CEO Dorna, Carmelo Ezpelata, sebelumnya mengatakan akan mengorbankan dua seri balapan di Spanyol untuk memberi ruang kepada tuan rumah baru di MotoGP. Saat ini Spanyol memiliki empat seri balapan di kalender MotoGP.

MotoGP 2022 Ada 22 Seri, GP Indonesia Berpeluang Diumumkan
"Satu-satunya cara menerima negara baru adalah mengurangi balapan di negara yang memiliki banyak seri. Kami tidak bisa konsentrasi dengan 25 persen balapan di satu negara, dan kami memutuskan untuk melakukan rotasi. Kami bisa saja memilih seri yang bayar tertinggi, tapi kami tidak mau melakukannya," ujar Ezepeleta.

[Gambas:Video CNN]
CNNIndonesia.com sudah berusaha meminta tanggapan ITDC terkait rencana Dorna Sports mengumumkan 22 seri balapan di MotoGP 2022. Namun, hingga kini pihak ITDC belum memberikan respons.

Balapan selanjutnya akan berlangsung di MotoGP Jepang, 20 Oktober mendatang. Live streaming MotoGP Jepang bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung di Trans7. (har/nva)