Head to Head Uni Emirat Arab vs Indonesia: Imbang

CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 06:00 WIB
Head to Head Uni Emirat Arab vs Indonesia: Imbang Indonesia bertemu lagi dengan UEA setelah lebih dari 20 tahun tak bersua di lapangan hijau. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertandingan Uni Emirat Arab vs Indonesia yang akan berlangsung dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (10/10), merupakan duel kelima bagi kedua kesebelasan.

Di level senior, UEA dan Timnas Indonesia sudah pernah bertemu empat kali. Kedua kesebelasan berbagi kemenangan dalam laga-laga tersebut.

Pertandingan pertama antara Skuat Al Abyad dan Tim Merah Putih terjadi pada Turnamen Merdeka yang dihelat di Malaysia pada 1981. Dalam pertandingan tersebut Timnas Indonesia 5-2.


Setahun berselang, giliran UEA yang meraih kemenangan 2-1 atas Indonesia di ajang yang berlangsung di Negeri Jiran.

<i>Head to Head</i> Uni Emirat Arab vs Indonesia: ImbangBima Sakti, yang kini melatih Timnas Indonesia U-16, pernah berhadapan dengan UEA. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pertemuan ketiga antara negara Asia Barat dan Asia Tenggara ini terjadi pada Asian Games 1986. Ricky Yakob membuat Indonesia unggul 1-0 pada awal babak kedua. Tim Garuda kemudian sempat tertinggal di babak tambahan sebelum Jaya Hartono membuat skor menjadi imbang 2-2. Laga pun berlanjut ke babak adu penalti dan Indonesia melaju ke partai semifinal.

[Gambas:Video CNN]
Satu dasawarsa setelah pertemuan di Asian Games, Timnas Indonesia kembali berjumpa UEA dalam ajang Piala Asia 1996, tepatnya laga terakhir fase grup.

Ketika itu UEA menang 2-0 atas Timnas Indonesia yang saat itu diperkuat Bima Sakti, Widodo C Putro, Yeyen Tumena, dan Hendro Kartiko.

<i>Head to Head</i> Uni Emirat Arab vs Indonesia: Imbang
Setelah pertandingan Piala Asia 1996, UEA dan Indonesia tidak pernah bertemu di level senior. Wakil dari kedua negara yang bertemu di lapangan hijau merupakan kesebelasan di level junior. Seperti pada Asian Games 2018 yang berakhir untuk kemenangan UEA melalui adu penalti.


Daftar Hasil Pertandingan Uni Emirat Arab vs Indonesia:


Turnamen Merdeka 1981
Indonesia 5-2 Uni Emirat Arab

Turnamen Merdeka 1982
Indonesia 1-2 Uni Emirat Arab

Asian Games 1986
Indonesia 2-2 (4-3) Uni Emirat Arab

Piala Asia 1996
Indonesia 0-2 Uni Emirat Arab (nva/jun)