Perkiraan Susunan Pemain UEA vs Indonesia: Andritany Cadangan

CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 07:13 WIB
Perkiraan Susunan Pemain UEA vs Indonesia: Andritany Cadangan Timnas Indonesia akan menghadapi UEA di Dubai. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy kemungkinan bakal menurunkan susunan pemain yang berbeda saat menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Kamis (10/10).

Simon mau tak mau harus mengubah line up setelah mengalami dua kekalahan beruntun di laga kandang. Tampil di depan publik sendiri, Indonesia kalah dari Malaysia (2-3) dan Thailand (0-3).

Barisan pertahanan jadi sektor yang paling disorot usai menderita dua kekalahan di kandang. Terutama posisi penjaga gawang yang selama ini dipercayakan kepada Andritany Ardhhiyasa.


Andritany memang tak bisa disalahkan sepenuhnya atas catatan enam kebobolan di dua laga awal. Terlebih sebagian besar gol lawan tercipta karena barisan lini belakang yang jauh dari solid.

[Gambas:Video CNN]
Namun, dipanggilnya Wawan Hendrawan dan Muhammad Ridho menjadi sinyal bahwa posisi di bawah mistar belum aman. Wawan yang tampil konsisten bersama Bali United bisa jadi pilihan utama lawan UEA.

Simon memang mempercayakan ban kapten kepada Andritany. Tapi, tak ada salahnya memainkan wajah baru yang kualitasnya tak kalah dari Andritany.

Harus diakui jika barisan pertahanan Indonesia belum menemukan komposisi yang solid. Yustinus Pae, Hansamu Yama, Rudolof Yanto Basna, dan Manahati Lestusen masih sering miskomunikasi di lapangan.

Perkiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia Lawan UEA
Simon bisa kembali memainkan Ricky Fajrin yang mengalami cedera saat menghadapi Malaysia. Bek sayap Bali United ini punya kecepatan dan akurasi dan timing yang tepat dalam membantu serangan.

Rotasi juga kemungkinan terjadi di sektor bek kanan. Tugas Yustinus Pae kemungkinan akan diberikan kepada Putu Gede Juni Antara. Sementara duet bek tengah bisa dipercayakan kepada Hansamu dan Yanto Basna.

Simon juga bisa melakukan penyegaran di lini tengah dengan memainkan Zulfiandi dan Manahati Lestusen bersamaan. Keduanya memiliki kekuatan membantu pertahanan sekaligus menjaga keseimbangan di lini tengah.

Riko Simanjuntak kemungkinan bakal diturunkan sejak menit awal.Riko Simanjuntak kemungkinan bakal diturunkan sejak menit awal. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Duo winger lincah, Riko Simanjuntak dan Andik Vermansah, bisa jadi pilihan ideal untuk memuluskan formasi 4-4-1-1 di mana Beto Goncalves bertugas sebagai ujung tombak didukung Stefano Lilipaly sebagai penyerang lubang.

Dengan susunan pemain di atas, Indonesia bisa bermain sabar dan mencari celah lewat serangan balik cepat. Duo pemain sayap, Riko dan Andik, bisa jadi pemain kunci untuk memuluskan skenario tersebut.

Sementara tuan rumah kemungkinan tidak banyak mengubah susunan pemain lawan Indonesia. Hanya saja pelatih Bert van Marwijk memiliki dua amunisi tambahan yang sempat absen lawan Malaysia. Mereka adalah Ahmed Khalil dan Khalfan Mubarak.

Perkiraan susunan pemain Timnas Indonesia:

Indonesia (4-4-4-1): Wawan Hendrawan; Putu Gede, Hansamu Yama, Yanto Basna, Ricky Fajrin; Riko Simanjuntak, Zulfiandi, Manahati Lestusen, Andik Vermansah; Stefano Lilipaly; Beto Goncalves. (jun/sry)