Wanita Boleh Tonton Sepak Bola di Iran, Tiket Laris Terjual

CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 05:15 WIB
Wanita Boleh Tonton Sepak Bola di Iran, Tiket Laris Terjual Suporter wanita Iran antusias menyaksikan langsung laga sepak bola setelah larangan menonton di stadion berakhir. (ATTA KENARE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiket laga kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Iran melawan Kamboja habis terjual. Laga ini bersejarah karena wanita kini boleh menonton laga sepak bola di Iran.

Iran punya aturan ketat berupa larangan bagi wanita untuk menonton sepak bola di dalam stadion. Larangan ini sudah berusia 40 tahun sebelum akhirnya dicabut.

Laga Iran lawan Kamboja di Stadion Azadi ini akhirnya jadi laga pertama ketika wanita bisa hadir di dalam stadion. Dikutip dari AFP, sebanyak 3500 wanita akan hadir di laga ini. Alokasi tiket untuk laga ini habis terjual di bawah waktu satu jam dan penambahan alokasi tiket untuk stadion berkapasitas 100 ribu ini juga laris terjual.


Sanksi ini dicabut setelah FIFA menekan Iran usai insiden 'Blue Girl'. Saat itu wanita bernama Sahar Khodayari membakar diri sebagai bentuk protes karena ia ketahuan menonton sepak bola dengan menyamar sebagai pria. Khodayari ketika itu menghadapi tuntutan penjara akibat menonton pertandingan sepak bola.

Wanita Boleh Tonton Sepak Bola di Iran, Tiket Laris TerjualRaha Pourbakhsh menunjukkan kode tiket laga Iran vs Kamboja yang telah ia beli. (ATTA KENARE / AFP)
Seorang wartawan Iran bernama Raha Poorbakhsh adalah salah satu wanita yang sudah membeli tiket untuk laga tersebut.
[Gambas:Video CNN]
"Saya masih tidak percaya hal ini bakal terjadi karena setelah bertahun-tahun bekerja di bidang ini dan menonton segalanya di televisi, saya akhirnya bisa menjalani pengalaman ini sebagai pribadi," ucap Poorbakhsh.
Wanita Boleh Tonton Sepak Bola di Iran, Tiket Laris Terjual

Dalam menonton pertandingan nanti, para penonton wanita akan ditempatkan di tempat yang terpisah dengan laki-laki. Perwakilan FIFA juga bakal datang menonton laga ini.

Iran saat ini ada di posisi kedua grup C dengan nilai tiga poin usai menang 2-0 di markas Hong Kong bulan lalu. Posisi pertama ditempati oleh Bahrain yang mengoleksi empat angka dari dua laga yang telah dijalani. (ptr/ptr)