5 Mesin Gol yang Lebih Tajam dari Ronaldo

CNN Indonesia | Sabtu, 12/10/2019 17:21 WIB
5 Mesin Gol yang Lebih Tajam dari Ronaldo Cristiano Ronaldo masih butuh banyak tambahan gol untuk bisa jadi mesin gol terhebat. (CARLOS COSTA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cristiano Ronaldo hampir menyentuh catatan 700 gol dalam kariernya. Namun bintang Juventus ini masih butuh perjuangan keras untuk bisa jadi pemain tersubur sepanjang masa.

Ronaldo mencetak gol ke-699 lewat tendangan lob ke gawang Luksemburg. Gol tersebut membuat Ronaldo hanya butuh satu gol lagi untuk menggenapkan catatan golnya menjadi 700 gol.

Meski demikian, Ronaldo masih butuh tambahan banyak gol untuk bisa berdiri sebagai pemain tersubur sepanjang masa. Dikutip dari Marca, ada lima pemain yang mencetak gol lebih banyak dari Ronaldo.


Berikut nama-nama pemain yang bakal diburu oleh Ronaldo:

1. Gerd Muller (701 gol)

Gerd Muller adalah bomber Jerman era 70-an. Ia tercatat telah 701 kali mencetak gol sepanjang kariernya. Itu berarti Muller jadi pemain paling dekat untuk dikejar oleh Ronaldo.
Gerd Muller adalah pemain yang paling dekat dengan catatan gol Cristiano Ronaldo saat ini.Gerd Muller adalah pemain yang paling dekat dengan catatan gol Cristiano Ronaldo saat ini. (AFP PHOTO / STAFF)
Mayoritas gol Muller berasal saat ia berkostum Bayern Munchen. Muller adalah penyerang utama saat Munchen merajai Eropa lewat hattrick gelar European Cup (cikal bakal Liga Champions) pada 1973-1976.

2. Ferenc Puskas (709 gol)

Ferenc Puskas mengoleksi 709 gol dalam kariernya. Torehan 709 gol ini masih ada dalam jangkauan Ronaldo yang saat ini masih tampil tajam dan belum berpikir untuk pensiun.

Puskas adalah anggota Mighty Magyars, tim Hungaria yang masuk dalam tim terbaik dalam sejarah sepak bola. Di level klub, setelah tampil bersinar bersama Budapest Honved, Puskas adalah bagian dari peletak dasar kejayaan Real Madrid di Liga Champions.
[Gambas:Video CNN]
3. Romario (748 gol)

Bila Ronaldomampu melewati rekor Ferenc Puskas, maka tantangan berikutnya adalah Romario yang sudah mencetak 748 gol.

Romario adalah bomber Brasil akhir 80-an dan era 90-an. Romario sering pindah-pindah klub namun tetap konsisten menunjukkan ketajamannya.

Romario merupakan penyerang andalan Brasil di era 80-an dan 90-an.Romario merupakan penyerang andalan Brasil di era 80-an dan 90-an. (AFP PHOTO / Robyn BECK)

4. Pele (779 gol)

Di atas Romario, ada Pele yang membukukan 779 gol. Di atas kertas, butuh dua musim bagi Ronaldo untuk bisa menggapai catatan gol Pele.

Pele sering disebut sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola. Meski tak menunjukkan tajinya di kompetisi Eropa dan mayoritas golnya datang saat bersama Santos, torehan tiga trofi Piala Dunia adalah catatan emas yang ditorehkan Pele.

5 Mesin Gol yang Lebih Tajam dari Ronaldo

5. Josef Bican (805 gol)

Urutan teratas dalam pemain tersubur adalah Josef Bican. Pemain asal Austria ini aktif bermain di tahun 30-an sehingga namanya kurang familiar.

Catatan terbaik Bican dalam kariernya adalah saat ia membela Slavia Praha. Ronaldo masih terpaut jarak lebih dari 100 gol namun bila Ronaldo terus memutuskan bermain, catatan Bican masih mungkin dikejar. (ptr/ptr)