7 Pesepakbola Dermawan, Ronaldo Sumbang Bonus Liga Champions

CNN Indonesia | Senin, 14/10/2019 21:34 WIB
7 Pesepakbola Dermawan, Ronaldo Sumbang Bonus Liga Champions Total ada tujuh pesepakbola bintang memiliki sifat dermawan, termasuk Cristiano Ronaldo. (AP Photo/Daniel Cole)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia sepak bola profesional level teratas sudah menjadi simbol kemewahan untuk para pemain bintang. Gaji setinggi langit pemain bintang macam penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, menunjang gaya hidup mewah tersebut.

Meski bergelimang harta, sejumlah pesepakbola kelas dunia memiliki kemurahan hati. Mereka terbiasa memberikan bantuan kepada orang-orang kurang mampu dengan menyumbangkan sejumlah besar uang dan waktu di berbagai organisasi amal.

Salah satu pesepakbola yang dikenal dermawan adalah bintang Crystal Palace, Wilfried Zaha. Ia baru-baru ini menerima penghargaan Best of Africa di London, Inggris atas upaya filantropisnya.


Selain Zaha, Terdapat beberapa nama pemain sepak bola yang memiliki tujuan serupa. Berikut nama pemain sepak bola yang kerap menyumbangkan kekayaannya untuk amal yang dilansir dari Daily Mail.

1. Wilfried Zaha

Nama Zaha telah menjadi pembicaraan selama beberapa bulan terakhir terkait isu transfer. Penyerang timnas Pantai Gading itu kini menjadi sorotan atas kemurahan hatinya.

7 Pesepakbola Dermawan, Ronaldo Sumbang Bonus Liga ChampionsWilfried Zaha mendapat penghargaan Philantropic Endeavour. (FADEL SENNA / AFP)
Pemain berusia 26 tahun itu meraih Penghargaan untuk Philanthropic Endeavour dalam Best of Africa Awards 2019 yang berlangsung di London, Inggris. Zaha dipilih untuk menjadi atlet profesional yang memiliki sikap luar biasa atas kemurahan hatinya dalam bidang filantropi. Ia turut menyumbangkan 10 persen dari penghasilannya untuk badan amal D'Ivoire.

2. Juan Mata

Pemain Manchester United ini telah mendirikan badan amal pada Agustus 2017 lalu yang bernama 'Common Goal' yang didirikan bersama Jurgen Griesbeck dan Thomas Preiss. Dalam badan amal ini, Mata mendorong para pesepakbola untuk menyumbangkan minimal satu persen gaji per bulan untuk membantu kegiatan sosial.

7 Pesepakbola Dermawan, Ronaldo Sumbang Bonus Liga ChampionsMata mendorong para pesepakbola untuk menyumbangkan minimal satu persen gaji per bulan untuk membantu kegiatan sosial. (Oli SCARFF / AFP)
Sejauh ini badan amal tersebut telah merekrut 122 pemain dan manajer, yang semuanya berkomitmen untuk menyumbangkan satu persen dari upah bulanan mereka demi amal.

Selain itu, Common Goal juga mengirimkan uang ke berbagai lembaga amal di seluruh dunia, seperti SportForLifeUK, Program Pengembangan Sepak Bola di Kamerun dan Proyek One World Play.

3. Hector Bellerin

Bellerin telah menjadi sorotan akan kemurahan hatinya setelah ia ikut menyumbang kepada mereka yang terkena dampak kebakaran Menara Grenfell pada Juni 2017. Kebakaran yang lokasinya hanya berjarak tujuh mil dari Stadion Emirates itu menewaskan 72 orang.

[Gambas:Video CNN]
Bellerin menjadi pesepakbola yang langsung berderma untuk para korban. Pemain asal Spanyol tersebut menyumbangkan 50 poundsterling untuk setiap menit yang ia mainkan di Kejuaraan Eropa U-21. Selain itu, bek Arsenal tersebut kerap melelang banyak sepatu bolanya untuk amal.

4. Jermain Defoe

Kedermawanan Defoe membuatnya dianugerahi Order of British Empire (OBE) dari Ratu Inggris pada 2018 lalu.

Jermain Defoe saat mendapat penghargaan Officer of the Order of the British Empire (OBE) pada 2018. (Jermain Defoe saat mendapat penghargaan Officer of the Order of the British Empire (OBE) pada 2018. (Foto: Jonathan Brady / POOL / AFP)
Ia memulai Yayasan Jermain Defoe pada 2013 dan turut membantu mendukung anak-anak yang berkebutuhan khusus di Karibia.

Selain itu pemain Bournemouth tersebut menuai pujian setelah membantu Bradley Lowery yang kini sudah meninggal dunia akibat kanker langka, Neuroblastoma, pada Juli 2017.


5. Mesut Ozil

Playmaker Arsenal ini melakukan hal yang luar biasa dengan menyumbangkan seluruh uang yang ia dapat setelah Jerman memenangkan Piala Dunia 2014.

Mesut Ozil dikenal sebagai salah satu pemain dermawan. (Mesut Ozil dikenal sebagai salah satu pemain dermawan. (Ian KINGTON / AFP)
Sebelum turnamen, ia berjanji untuk membantu 11 anak-anak Brasil yang sakit dengan membayar perawatan rumah sakit. Total biaya medis yang ia sumbang mencapai 237 ribu poundsterling.

6. Mohamed Salah

Yayasan Amal Mohamed Salah telah membantu 450 keluarga secara finansial dengan memberi mereka tunjangan bulanan. Sementara beberapa tahun yang lalu pemain Liverpool tersebut telah memberi lebih dari 23 ribu poundsterling untuk membantu mantan pemain sepak bola di negara asalnya, Mesir.

7 Pesepakbola Dermawan, Ronaldo Sumbang Bonus Liga ChampionsYayasan Amal Mohamed Salah telah membantu 450 keluarga secara finansial dengan memberi mereka tunjangan bulanan. (AP Photo/Rui Vieira)
Ia juga diketahui telah menyumbangkan 234 ribu poundsterling untuk pemerintah Mesir pada tahun 2017, ketika Mesir kala itu mengalami kesulitan ekonomi. Salah juga memberikan 2,5 juta poundsterling pada musim panas ini ke National Cancer Institute of Egypt setelah peristiwa serangan teroris di Kairo.

Bukan hanya menyumbangkan uang, ia juga memimpin kampanye antinarkoba dua tahun lalu. Alhasil, hotline Kementerian Sosial Solidaritas menerima 400 persen peningkatan panggilan sementara lewat video ditonton lebih dari delapan juta kali hanya dalam tiga hari.

7 Pesepakbola Dermawan, Ronaldo Sumbang Bonus Liga Champions

7. Cristiano Ronaldo

Sang megabintang Juventus ini merupakan salah satu pesepakbola yang paling dermawan. Ronaldo rutin memberikan sejumlah besar uang untuk amal. Ia bahkan dinobatkan sebagai atlet yang sering beramal pada tahun 2015.

7 Pesepakbola Dermawan, Ronaldo Sumbang Bonus Liga ChampionsRonaldo pernah memberikan seluruh bonus Liga Champions. (AP Photo/Mindaugas Kulbis)
Pada 2013 ia masuk dalam kategori UEFA Men's Player of the Year dan memenangkan bonus sebesar 89 ribu poundsterling. Bonus tersebut itu dia sumbangkan langsung ke Palang Merah. Setahun kemudian, Real Madrid memenangkan Liga Champions tetapi alih-alih mengambil bonus 450 ribu poundsterling untuk dirinya sendiri, ia menyumbangkannya langsung untuk amal.

Pada 2005, ia menonton rekaman seorang anak kecil yang mengenakan jersey Portugal bernomor punggung tujuh terdampar setelah gempa bumi melanda di Aceh. CR7 pun langsung pergi ke Aceh untuk langsung melihat anak kecil tersebut yang kini menjadi anak angkatnya, Martunis.

Ronaldo juga merupakan duta besar untuk tiga badan amal utama, Save the Children, Unicef, dan World Vision. (mcf/jun)