Laga Timnas U-19 Digelar Bersamaan Pelantikan Jokowi

CNN Indonesia | Selasa, 15/10/2019 04:39 WIB
Laga Timnas U-19 Digelar Bersamaan Pelantikan Jokowi Laga uji coba Timnas Indonesia U-19 tetap digelar bersamaan dengan pelantikan Jokowi. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI melalui Deputi Sekjen Bidang Pengembangan Bisnis, Marsal Masita, mengatakan dua laga uji coba Timnas Indonesia U-19 melawan China yang digelar di Bali dan Surabaya aman meski bersamaan dengan pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Timnas Indonesia U-19 tengah dalam masa persiapan jelang penampilan di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 pada 2-10 November mendatang di Jakarta. Laga uji coba melawan China dijadwalkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Kamis (17/10) dan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (20/10).

Dua jadwal tersebut berdekatan dengan pelantikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden RI yang rencananya digelar pada Minggu (20/10). Marsal memastikan dua jadwal uji coba tersebut akan tetap berlangsung.


"Tentu ada usaha lebih untuk memastikan dua laga uji coba ini digelar. Selain jumlah tiket yang disesuaikan dengan arahan dari kepolisian, kami juga sudah sama-sama komitmen untuk memastikan pertandingan bisa berjalan dengan aman," kata Marsal melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Senin (14/10).

[Gambas:Video CNN]
Polda Bali dan Polda Jawa Timur disebut Marsal sudah memberikan surat izin penyelenggaraan pertandingan. Kedua venue tersebut sering digunakan untuk menggelar kompetisi Liga 1 sehingga polisi sudah memiliki strategi dan antisipasi keamanan.

Selain itu, laga uji coba melawan China sudah direncanakan sejak awal tahun dan sulit dibatalkan. Apalagi, pihak dari China sudah mengunjungi kedua stadion untuk mengecek kelayakan.

Laga Indonesia U-19 Digelar Bersamaan Pelantikan Jokowi
"Mereka [China] sudah datang sebulan lalu buat survei dan hubungan kami cukup dekat. Jadi kami selalu update situasi yang berlangsung dan mereka percaya kami akan menjaga mereka selama di sini seperti biasanya."

"Ini kan laga persahabatan, bukan kualifikasi atau turnamen. Jadi seharusnya tensinya [pertandingan] juga bukan tensi tinggi," tegas Marsal.

Diketahui, laga kualifikasi Timnas Indonesia di Grup G melawan Vietnam yang sebelumnya dijadwalkan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (15/10) dipindah karena tidak mendapatkan izin keamanan dari pihak kepolisian. Alasan kondisi keamanan jelang pelantikan Presiden Jokowi menjadi penyebabnya.

Alhasil, laga skuat Garuda melawan Vietnam bakal digelar di Bali. PSSI juga mengikuti arahan dari pihak kepolisian terkait penjualan tiket yang dibatasi. (jun/har)