Viral, Pesepakbola Berhijab Dilindungi 5 Pemain Lawan

CNN Indonesia | Selasa, 15/10/2019 02:47 WIB
Viral, Pesepakbola Berhijab Dilindungi 5 Pemain Lawan Ilustrasi pesepakbola berhijab. (Photo by Wakil KOHSAR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keindahan sepak bola terwujud dalam sebuah video pertandingan yang viral di media sosial baru-baru ini. Di mana pesepakbola wanita yang membetulkan hijab malah mendapat perlindungan dari lima pemain lawan.

Dalam video yang berdurasi 21 detik tersebut, seorang pesepakbola wanita berjilbab mendapat adangan dari pemain lawan sehingga kerudungnya tersingkap di tengah lapangan.

Respons luar biasa ditunjukkan oleh para pemain lawan yang membuat lingkaran untuk menutupi sang wanita agar rambutnya tak bisa terlihat.


Video ini pertama kali dibagikan bernama Shuaib Ahmed dengan akun @Footynions. Saat ini unggahan tersebut telah disukai 63.000 netizen dan dibagikan 2.000 warganet.

[Gambas:Video CNN]
Shuaib memberi keterangan tambahan di kolom komentar bahwa lokasi tersebut terjadi di Liga Sepak Bola Wanita Yordania antara Shabab Alordan melawan Amman Club.

Penggunaan jilbab dalam sepak bola sudah melewati perjuangan panjang. Pada 2007 FIFA sempat melarang pemakaian jilbab dengan alasan keamanan atlet di lapangan.


Pada 2014, FIFA memperbolehkan penggunaan kerudung di lapangan sepak bola. Namun, peraturan ini tak bisa langsung diterapkan.

Federasi yang mengurus peraturan sepak bola dunia, IFAB, harus melakukan percobaan selama dua tahun hingga akhirnya resmi diperbolehkan pada 2016.

Viral, Pesepakbola Berhijab Dilindungi 5 Pemain Lawan
Meski demikian, ada peraturan tambahan mengenai desain, bahan, dan warna jilbab yang boleh digunakan untuk sepak bola. Ini dilakukan untuk memastikan penggunaan jilbab tidak mengganggu lawan dan pemakai jilbab itu sendiri. (jun/bac)