Federer Bakal Tampil di Olimpiade 2020

CNN Indonesia | Senin, 14/10/2019 23:23 WIB
Federer Bakal Tampil di Olimpiade 2020 Roger Federer akan bermain di Olimpiade 2020. (AP Photo/Eduardo Munoz Alvarez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petenis senior Roger Federer dipastikan akan tampil di Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, setelah namanya dimasukkan ke dalam skuat Swiss.

Dengan tampil di Tokyo nanti, Federer berpeluang meraih medali ketiganya di multicabang empat tahunan trsebut. Sebelumnya petenis 38 tahun tersebut pernah meraih medali emas dan perak di Olimpiade.

Pada Olimpiade 2008 di Beijing, Federer yang berpasangan dengan Stan Wawrinka meraih medali emas di nomor ganda putra.


Empat tahun kemudian di Olimpiade 2012 London, Federer harus puas meraih medali perak usai dikalahkan Andy Murray di nomor tunggal putra.

Federer sempat tampil di beberapa Olimpiade musim panas. Di Olimpiade 2000 di Sydney, Federer gagal dalam perebutan medali perunggu usai ditunddukkan Arnaud di Pasquale.

Roger Federer sudah meraih dua medali di Olimpiade.Roger Federer sudah meraih dua medali di Olimpiade. (Kevork Djansezian/Getty Images/AFP)
Petenis kelahiran Basel itu tumbang di babak kedua dari Tomas Berdych di Olimpiade 2004. Sedangkan di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro Federer absen karena masih pemulihan cedera lutut.

[Gambas:Video CNN]
Juara grand slam 20 kali itu mengumumkan keputusannya tampil di Olimpiade tahun depan setelah pertandingan eksibisi melawan John Isner yang digelar di Tokyo.

Federer Bakal Tampil di Olimpiade 2020
"Saya berdebat dengan tim saya selama beberapa minggu belakangan, berbulan-bulan sebenarnya, apa yang harus saya lakukan di waktu musim panas [tahun 2020] setelah Wimbledon dan sebelum AS Terbuka," kata Federer dikutip dari FOX Sports Asia.

"Pada akhirnya, hati saya memutuskan saya akan senang bermain lagi di Olimpiade," ucap Federer menambahkan.

Federer mengakui, salah satu faktor yang mendorongnya untuk tampil di Olimpiade 2020 adalah dua medali yang pernah didapatnya di multicabang tersebut. (sry/sry)