Ronaldo Cetak Gol, Portugal Kalah 1-2 dari Ukraina

CNN Indonesia | Selasa, 15/10/2019 04:02 WIB
Ronaldo Cetak Gol, Portugal Kalah 1-2 dari Ukraina Ukraina kalahkan Portugal 2-1. (Photo by Genya SAVILOV / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ukraina menang tipis 2-1 atas Portugal dalam laga Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion NSK Olympiyskiy, Selasa (15/10) dini hari WIB.

Tuan rumah langsung menekan di menit awal. Roman Yaremchuk melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti di menit kedua tapi masih bisa ditangkap kiper Rui Patricio.

Pada menit ketiga Portugal menebar ancaman. Cristiano Ronaldo melepaskan umpan ke kotak penalti namun dengan cepat diamankan Andriy Pyatov.


Ukrainan akhirnya memberikan kejutan kepada Portugal lewat gol Yaremchuk di menit keenam. Gol itu tercipta dari sepak pojok Oleksandr Zinchenko yang disundul Sergey Krivtsov.

Patricio bisa mementahkan sundulan Krivtsov, tetapi Yaremchuk yang berada didekat garis gawang dengan mudah meneruskan bola itu menjadi gol.

Tertinggal satu gol membuat A Selecao das Quinas meningkatkan serangan. Tetapi Ukraina menerapkan pertahanan rapat. Ukraina nyaris menempatkan lima hingga delapan pemainnya di kotak penalti saat Portugal menyerang.

Cristiano Ronaldo memperkecil kedudukan lewat penalti.Cristiano Ronaldo memperkecil kedudukan lewat penalti. (Photo by Genya SAVILOV / AFP)
Cristiano Ronaldo memiliki peluang membawa timnya menyamakan kedudukan di menit ke-12. Tetapi tendangan bebas CR7 bisa dimentahkan bek Ukraina.

Keasyikan menyerang membuat lini pertahanan Portugal lengah. Andriy Yarmolenko 'menghukum' juara Piala Eropa 2016 itu dengan gol di menit ke-27. Yarmolenko membobol gawang Portugal usai memanfaatkan umpan silang Vitalii Mykolenko.

Portugal kembali menambah intensitas serangan guna mengejar defisit dua gol. Serangan bertubi-tubi dilancarkan tim asuhan Fernando Santos lewat Joao Mario dan Danilo.

[Gambas:Video CNN]
Akan tetapi, tendangan kaki kiri Mario pada mennit ke-29 hasil umpan Ronaldo bisa ditpis kiper Pyatov. Sedangkan sepakan Danilo satu menit kemudian melayang tipis di atas mistar gawang.

Tak ingin ketinggalan, Bernardo Silva ikutan melepaskan percobaan di menit ke-32, namun tendangan kaki kirinya bisa ditangkap Pyatov.

Meski kerap gagal dalam menyerang di babak pertama, Potugal tidak menyerah dan terus menekan tuan rumah di babak kedua.

Pada menit ke-50, upaya memperkecil kedudukan dilakukan Ronaldo. Tetapi tendangannya masih bisa diamankan kiper lawan.

Ronado Cetak Gol, Portugal Kalah 1-2 dari Ukraina
Tidak lama berselang giliran Joao Moutinho yang menyerang, tetapi tendangan kaki kanan Moutinho masih melebar di sisi kiri.

Sundulan Bruno Fernandes di menit ke-66 hasil umpan Bernardo Silva juga belum mengubah skor setelah melayang di atas mistar.

Kesempatan Portugal memperkecil kedudukan muncul di menit ke-71 setelah Taras Stepanenko dianggap dengan sengaja handball di kotak penalto. Stepanenko juga diusir keluar lapangan lantaran mendapat kartu kuning kedua yang berujung kartu merah.

Cristiano Ronaldo yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan peluang tersebut. Tendangan kaki kanan Ronaldo di menit ke-72 mengecoh kiper Pyatov. Skor 2-1 untuk keunggulan Ukraina.

Di sisa pertandingan Portugal mendapatkan beberapa kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Mulai dari peluang Pepe di menit ke-75, hingga kans dari Ronaldo di menit ke-90+2. Tetapi tidak ada yang membuahkan hasil. Ukraina memenangi pertandinan dengan skor 2-1.

Kemenangan Ukraina itu menghentikan rapor apik Portugal yang selalu menang di tiga laga terakhir. Tambahan tiga poin itu membuat Ukraina kukuh di puncak klasemen sementara Grup B dengan 19 poin dari 7 laga. (sry/sry)