Indonesia Tak Pernah Kalahkan Thailand dan Vietnam di Grup

CNN Indonesia | Selasa, 15/10/2019 17:25 WIB
Indonesia Tak Pernah Kalahkan Thailand dan Vietnam di Grup Timnas Indonesia U-23 bakal berhadapan dengan Thailand dan Vietnam di SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia memiliki catatan negatif ketika berada satu grup dengan Thailand dan Vietnam di ajang SEA Games.

Dalam sejarah keikutsertaan di ajang SEA Games, tercatat tiga kali Tim Merah Putih berada satu grup dengan Skuat Gajah Perang dan Skuat Bintang Emas.

Pada pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara dua tahun lalu, Timnas Indonesia bertemu dengan dua rival satu kawasan tersebut.


Skuat Garuda yang kala itu dilatih Luis Milla berhadapan dengan Thailand pada laga pertama. Sempat kebobolan lebih dulu, Septian David Maulana lantas menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti. Skor 1-1 pun menjadi hasil akhir laga.

Indonesia Tak Pernah Kalahkan Thailand dan Vietnam di GrupSeptian David Maulana mencetak gol ke gawang Thailand pada SEA Games 2017. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Setelah menang 3-0 atas Filipina, dan mengalahkan Timor Leste 1-0, Timnas Indonesia bermain imbang tanpa gol dengan Vietnam.

Sebelum bertemu pada SEA Games ke-29, Timnas Indonesia pernah berada satu grup dengan Thailand dan Vietnam pada SEA Games 2003. Usai menang atas Laos pada laga pertama, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan tidak berhasil meraih kemenangan atas Thailand dan Vietnam.

[Gambas:Video CNN]
Pada laga kedua, Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Vietnam. Sementara dalam laga terakhir fase grup, di saat butuh kemenangan, Indonesia kalah setengah lusin gol dari Thailand.

Sementara kali pertama pertemuan di fase grup SEA Games antara tiga negara terjadi pertama kali pada 1995.

Indonesia Tak Pernah Kalahkan Thailand dan Vietnam di Grup
Timnas Indonesia menderita kekalahan dari Thailand yang waktu itu berstatus sebagai tuan rumah. Gol Fakhri Husaini tidak dapat menyelamatkan Indonesia yang kebobolan dua kali.

Kekalahan tipis dari Vietnam terjadi di laga terakhir fase grup. Kekalahan 0-1 memastikan Indonesia gagal ke babak semifinal.

Catatan pertemuan Indonesia, Thailand, dan Vietnam di fase grup SEA Games:

SEA Games 2017
Timnas Indonesia 1-1 Thailand
Timnas Indonesia 0-0 Vietnam

Timnas Indonesia menempati peringkat kedua di fase grup dan lolos ke semifinal.

SEA Games 2003
Timnas Indonesia 0-1 Vietnam
Timnas Indonesia 0-6 Thailand

Timnas Indonesia menempati peringkat ketiga di fase grup dan gagal ke semifinal.

SEA Games 1995
Timnas Indonesia 1-2 Thailand
Timnas Indonesia 0-1 Vietnam

Timnas Indonesia menempati peringkat ketiga di fase grup dan gagal ke semifinal. (nva)