Hasil Kualifikasi Piala Eropa: Spanyol Ditahan Imbang Swedia

CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 03:43 WIB
Hasil Kualifikasi Piala Eropa: Spanyol Ditahan Imbang Swedia Spanyol ditahan imbang Swedia 1-1. (Anders Wiklund / TT via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Spanyol kembali gagal memenangi laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 usai ditahan imbang Swedia 1-1 di Stadion Friends Arena, Rabu (16/10) dini hari WIB.

Spanyol mengambil alih permainan sejak menit awal. Di menit ketiga Spanyol mendapatkan peluang pertama melaui Fabian. Tetapi tembakan Fabian hasil umpan Dani Carvajal bisa ditepis kiper Swedia, Robin Olsen.

Empat menit berselang, giliran Thiago yang membuang peluang emas. Sepakan Thiago awalnya membentur pemain Swedia.


Tetapi bola kembali bisa dikuasai gelandang Bayern Munchen itu. Dengan mudah Thiago menembus kotak penalti lawan. Hanya saja, saat berhadapan dengan kiper Olsen, Thiago membuang peluang emas karena kesulitan mengontrol bola.

Olsen benar-benar jadi momok untuk serangan Spanyol di awal-awal laga. Pada menit ke-11, berkat penyelamatan Olsen juga gawang Swedia tidak kebobolan dari tendangan Rodri.

Sundulan Gerard Moreno yang memanfaatkan umpan silang Carvajal di menit ke-20 juga bisa ditepis Olsen.

Spanyol tertinggal lebih dahulu oleh Swedia.Spanyol tertinggal lebih dahulu dari Swedia. (Photo: Anders Wiklund / TT / code 10040)
Swedia tidak tinggal diam. Tuan rumah mencoba melancarkan serangan balasan di menit ke-27. Namun tendangan kaki kiri Robin Quaison masih menyamping tipis di sisi kanan gawang David de Gea.

Quaison kembali mendapatkan peluang di menit ke-33. Tetapi sundulan Quaison bisa digagalkan De Gea lewat penyelamatan gemilang.

Meski menguasai permainan dan lebih mendominasi dalam peluang, Spanyol harus kebobolan lebih dahulu lewat gol Marcus Berg di menit ke-50.

[Gambas:Video CNN]
Gol itu berawal dari umpan silang Quaison yang bisa disundul Berg, namun De Gea dengan sigap menepis peluang itu.

Kesempatan Swedia tidak lantas hilang. Bola liar hasil rebound sundulan Berg disambar Emil Forsberg, namun lagi-lagi De Gea membuat penyelamatan penting.

Sayang, lini belakang Spanyol lengah dan tidak mengantisipasi posisi Berg yang sudah di depan gawang. Tanpa kesulitan Berg menyundul bola rebound Forsberg menjadi gol.

Hasil Kualifikasi Piala Eropa: Spanyol Ditahan Imbang Swedia
Striker Mikel Oyarzabal bertekad menyamakan kedudukan di menit ke-58. Akan tetapi sundulannya menyambut tendangan sudut masih lebih dekat dengan kiper Olsen.

Penantian panjang Spanyol untuk membobol gawang Swedia tercipta di menit injury time. Rodrigo Moreno sukses memanfaatkan lubang di pertahanan Swedia dengan menyontek sepakan Fabian di menit ke-90+2.

Kedua tim harus puas berbagi angka usai bermain imbang 1-1. Ini jadi hasil imbang kedua bagi Spanyol setelah sebelumnya bermain 1-1 dengan Norwegia.

Tambahan satu poin itu cukup mengantarkan Spanyol ke putaran final Piala Eropa 2020. Saat ini Spanyol kukuh puncak klasemen sementara Grup F dengan 20 poin. (sry/sry)