Menyamai Rekor 80 Tahun di Italia, Mancini Tak Terlalu Puas

CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 09:12 WIB
Menyamai Rekor 80 Tahun di Italia, Mancini Tak Terlalu Puas Timnas Italia menekuk Lichttenstein 5-0 di kualifikasi Piala Eropa 2020. (STEFAN WERMUTH / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Italia Roberto Mancini tidak terlalu puas dengan keberhasilan menyamai rekor kemenangan beruntun timnas Italia yang sudah bertahan selama 80 tahun.

Mancini berhasil mengantar Italia meraih sembilan kemenangan beruntun setelah menaklukkan Liechtenstein dengan skor telak 5-0. Rekor kemenangan Italia era Mancini dimulai pada laga persahabatan lawan Amerika Serikat disusul delapan kemenangan di kualifikasi Piala Eropa.

Kemenangan itu membuat Mancini menyamai rekor kemenangan beruntun Italia yang dicatat oleh pelatih legendaris Vittorio Pozzo.


Rekor Pozzo itu dibuat pada era awal keemasan Italia yaitu pada tahun 1930-an, tepatnya pada tahun 1938-1939.

Meski berhasil menyamai catatan fantastis tersebut, Mancini menyatakan rekor tersebut tidak terlalu membuatnya gembira.

[Gambas:Video CNN]
"Menyamai rekor kemenangan Pozzo tentu merupakan hal bagus namun saya lebih memilih menyamai rekor Pozzo yaitu memenangkan dua trofi Piala Dunia," kata Mancini seperti dikutip dari Football Italia.

Selain rekor kemenangan beruntun tersebut bukan pencapaian terbaik Pozzo di Azzurri. Catatan terbaik Pozzo adalah membawa Italia menjadi juara Piala Dunia pada edisi 1934 dan 1938.
Menyamai Rekor 80 Tahun di Italia, Mancini Tak Terlalu PuasStepahn El Sharawy mencetak satu gol ke gawang Lichtenstein. (STEFAN WERMUTH / AFP)
Mancini sendiri melakukan eksperimen dengan mengganti 10 pemain dari susunan pemain inti yang dipasang pada laga sebelumnya melawan Yunani.

"Sebuah hal alamiah dengan banyak pergantian yang dilakukan, kami kurang konsisten. Ada sejumlah hal positif dan beberapa hal lain yang bisa ditingkatkan tetapi masalah utama adalah pemain-pemain ini belum pernah bekerja sama sebelumnya," ujar Mancini.

Menyamai Rekor 80 Tahun di Italia, Mancini Tak Terlalu Puas

Italia saat ini memimpin klasemen dengan nilai sempurna 24 poin dan sudah memastikan diri lolos ke Piala Eropa. Mancini punya kesempatan untuk memecahkan rekor kemenangan beruntun itu saat menghadapi Bosnia-Herzegovina dan Armenia. (ptr)


BACA JUGA