Indonesia Sudah 8 Tahun, 2 Bulan dan 18 Hari Selalu Kalah

CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 14:05 WIB
Indonesia Sudah 8 Tahun, 2 Bulan dan 18 Hari Selalu Kalah Timnas Indonesia belum pernah menang di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia sudah lebih dari delapan tahun selalu kalah pada kualifikasi Piala Dunia setelah ditekuk Vietnam 1-3 pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion I Wayan Dipta, Bali, Selasa (15/10).

Indonesia menelan kekalahan keempat beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2022 saat menjamu Vietnam. Sebelumnya, tim asuhan Simon McMenemy dikalahkan Malaysia 2-3, Thailand 0-3, dan Uni Emirat Arab 0-5.

Kekalahan dari Vietnam memperpanjang catatan buruk Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia. Kali terakhir Indonesia mampu meraih kemenangan adalah saat menjamu Turkmenistan pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2014, 28 Juli 2011.


Setelah bermain imbang 1-1 di markas Turkmenistan, Indonesia kemudian sukses menang 4-3 pada laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Cristian Gonzales mencetak dua gol pada laga itu, sementara Muhammad Nasuha dan Muhammad Ridwan masing-masing menciptakan satu gol.

Timnas Indonesia dikalahkan Vietnam 1-3 di Bali.Timnas Indonesia dikalahkan Vietnam 1-3 di Bali. (Dok. PSSI)
Sejak saat itu Timnas Indonesia tidak pernah meraih kemenangan di kualifikasi Piala Dunia, tim Garuda bahkan selalu kalah sejak menang atas Turkmenistan. Hingga kalah dari Vietnam, Indonesia sudah 8 tahun, 2 bulan, dan 18 hari selalu kalah di kualifikasi Piala Dunia.

Indonesia Sudah 8 Tahun, 2 Bulan dan 18 Hari Selalu Kalah
Setelah mengalahkan Turkmenistan, Timnas Indonesia kemudian kalah enam kali pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014 masing-masing dua kali dari Iran, Qatar, dan Bahrain.

Indonesia menjadi bulan-bulanan lawan pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014 setelah kebobolan 26 gol dan hanya mampu menciptakan tiga gol. Dua gol dicetak Gonzales saat melawan Qatar, sementara satu gol lainnya diciptakan Bambang Pamungkas ke gawang Iran.

[Gambas:Video CNN]
Pada Kualifikasi Piala Dunia 2018, Timnas Indonesia gagal tampil karena sanksi FIFA. Sementara hingga pertandingan keempat Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia juga selalu meraih kekalahan.

Timnas Indonesia selanjutnya akan bertandang ke markas Malaysia pada pertandingan kelima Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, 19 November 2019. (har/jun)