Debat Calon Ketua PSSI Digelar 31 Oktober

CNN Indonesia | Kamis, 17/10/2019 23:37 WIB
Debat Calon Ketua PSSI Digelar 31 Oktober Debat calon ketua PSSI digelar 31 Oktober. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI memutuskan debat calon Ketua Umum PSSI akan berlangsung pada 31 Oktober.

Anggota KBP M Nigara mengatakan rencana awal debat adalah antara 25 atau 27 Oktober. Namun setelah menggelar rapat, akhirnya diputuskan debat dihelat pada akhir bulan Oktober.

"Diputuskan [debat calon Ketum PSSI] pada 31 Oktober di tempat kongres. Seluruh calon ketum, calon waketum [wakil ketua umum PSSI], calon exco [Komite Eksekutif], diharapkan semua hadir," kata Nigara di kantor PSSI, Kamis (17/9).


"Formatnya seperti apa? Ya seperti debat yang sebagaimana mestinya, kami minta para kandidat presentasi program. PSSI akan memandu kandidat," katanya menambahkan.

[Gambas:Video CNN]
Nigara menyampaikan kandidat Ketua PSSI yang menang dilarang mengubah program yang sudah berjalan agar berkesinambungan.

Lebih lanjut, Nigara menerangkan yang akan melakukan debat hanya calon ketua. Sementara KP dan KBP, lanjut dia, akan membuka dan mengatur mekanisme agar debat berjalan lancar.

Nigara berharap acara debat itu bermanfaat untuk sepak bola mendatang. "Karena kita tahu, kita punya potensi. Dalam debat itu media bisa berpartisipasi," ucap penanggung jawab debat tersebut.

Debat Calon Ketua PSSI Digelar 31 OktoberKongres PSSI akan digelar 2 November. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
"Apakah bisa langsung bertanya? Nanti kami akan beri informasi lebih lanjut," ucapnya melanjutkan.

Sementara itu anggota KP Budiman Dalimunthe mengingatkan KP dan KBP sudah bekerja dari 9 September. Sejak saat itu, mereka telah membuka pendaftaran untuk pengurus baru PSSI pada 12 September sampai 3 Oktober 2019.

Debat Calon Ketua PSSI Digelar 31 Oktober
"Pada 3 Oktober, ada delapan balon [bakal calon] ketum, dengan tiga di antaranya banding. Balon waketum ada 14 nama, dengan lima diperbolehkan banding. Balon exco ada 70 pendaftar, ada satu diizinkan banding," ujar Budiman.

"Dari situ, komite banding menerima banding dari kandidat. Hingga hari ini belum bisa dirilis. Karena [kongres] sudah semakin menjelang, Insya Allah besok sore akan dirilis hasil dari komite banding siapa yang lolos dan tidak lolos. Setelah itu sesuai lini waktu, daftar calon tetap akan diumumkan paling lambat 23 Oktober," ujarnya kembali.

Setelah daftar calon tetap diumumkan, Budiman menyampaikan ada kampanye berupa diskusi dan sebagainya. Namun, bisa saja sebelum 23 Oktober, ucap dia, sudah diumumkan dan kampanye.

Mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam masa kampanye, Nigara berkata, "Semua boleh dilakukan. Yang tidak boleh adalah money politic. Mudah-mudahan itu [politik uang/suap] tidak ada. Atau paling tidak, tak tertangkap tangan," canda dia. (map/jun)