Aries Susanti Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 05:01 WIB
Aries Susanti Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing Aries Susanti salah satu atlet panjat tebing Indonesia yang meraih sukses internasional. (ANTARA FOTO/INASGOC/Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Atlet panjat tebing putri Indonesia, Aries Susanti Rahayu, meraih medali emas dan membukukan rekor dunia panjat tebing dalam Kejuaraaan International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup di Xiamen, China, Sabtu (19/10).

Dalam partai final, Aries mencatatkan waktu 6,995 detik sekaligus memecahkan rekor dunia di nomor woman speed yang sebelumnya tercatat atas nama Yiling Song dengan waktu 7,101 detik.

Song yang menjadi lawan Aries dalam partai final hanya mampu menorehkan waktu 9,032 detik setelah sempat terpeleset di awal lomba dan harus puas dengan medali perak.


Dikutip dari situs resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia, Aries kini tercatat sebagai atlet pertama yang bisa melewati waktu 7 detik untuk nomor putri di speed world record.

Keberhasilan memecahkan rekor dunia memang menjadi target wanita berjuluk Spiderwoman asal Grobogan tersebut.

[Gambas:Video CNN]
"Saya bersyukur kepada Allah atas prestasi ini. Saya senang sekali akhirnya bisa pecah rekor. Ini yang saya impikan. Saya persembahkan prestasi ini untuk Indonesia," ucap Aries.

Aries Susanti Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing
Di akun Instagramnya, Aries menyebut dukungan pelatih pelatnas panjat tebing Hendra Basir.

"Terima kasih untuk semua doa dan dukungannya. Khusus buat @coach.hendra, ini adalah buah dari kedisiplinan dan keyakinan yang Coach tanamkan. Saya persembahkan rekor dunia ini untuk Indonesia," tulisnya.

Sayang, atlet Indonesia lainnya gagal menorehkan medali dalam ajang IFSC Climbing World Cup kali ini. Di sektor putri, peraih perunggu adalah Mariia Krasavina. Sementara di sektor putra medali emas diraih Zhong Qixin yang mengalahkan Lev Rudatskiy, sedangkan medali perunggu diraih Vladislav Deulin. (nva/nva)