Tak Pernah Urus Olahraga, Zainudin Yakin Bisa Jadi Menpora

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 13:44 WIB
Tak Pernah Urus Olahraga, Zainudin Yakin Bisa Jadi Menpora Zainudin Amali yakin bisa menjalankan tugas sebagai Menpora. (CNN Indonesia/Feri Agus Setiawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Zainudin Amali yakin bisa menjalankan tugas sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) meski tidak memiliki latar belakang mengurusi bidang olahraga.

Zainudin resmi dilantik sebagai Menpora periode 2019-2024 dan masuk Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Politikus Partai Golkar itu resmi dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10).

Meski tidak memiliki latar belakang olahraga, Zainudin yakin bisa menjalankan tugas sebagai Menpora.


"Saya kira saya sekarang sudah di birokrasi, saya Alhamdulillah lulus ilmu pemerintahan, jadi saya doktor ilmu pemerintah. Ya, mengurus pemerintah Insya Allah bisa," ujar Zainudin usai dilantik jadi Menpora.

Zainudin Amali dipercaya menjadi Menpora periode 2019-2024.Zainudin Amali dipercaya menjadi Menpora periode 2019-2024. (CNN Indonesia/ Ramadhan Rizki Saputra)
Usai diperkenalkan sebagai Menpora, Zainudin mendapat pesan khusus dari Jokowi. Presiden ketujuh Republik Indonesia itu meminta Zainudin untuk membenahi masalah sepak bola nasional. Zainudin mengaku siap membenahi sepak bola Indonesia seperti perintah Jokowi.

Tak Pernah Urus Olahraga, Zainudin Yakin Bisa Jadi Menpora
"Beliau [Jokowi] sangat beri perhatian dengan sepak bola kita. Karena kan masak punya 260 juta [penduduk], tidak bisa temukan tim sepak bola yang bagus. Itu yang saya akan bicarakan," ucap Zainudin.

Zainudin sebelumnya menjabat Ketua Komisi II DPR RI periode 2014-2019. Pria kelahiran Gorontalo, 16 Maret 1962 itu, juga pernah menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Jawa Timur.

[Gambas:Video CNN] (fra)