Hasil Piala AFF Futsal 2019: Timnas Indonesia ke Final

CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 18:43 WIB
Hasil Piala AFF Futsal 2019: Timnas Indonesia ke Final Ilustrasi Timnas Futsal Indonesia. (AFC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia berhasil melangkah ke partai puncak Piala AFF Futsal 2019 usai mengalahkan Myanmar 4-3 pada semifinal di Stadion Indoor Phu Tho, Ho Chi Minh City, Vietnam, Jumat (25/10/2019).

Indonesia bermain ofensif sejak kick-off babak pertama dimulai. Skuat asuhan Kensuke Takahashi tampak nyaman dalam mengalirkan bola untuk membongkar pertahanan tim lawan.

Beberapa peluang pun bisa diciptakan oleh Indonesia. Bambang Bayu Saptaji hingga Andri Kustiawan sempat dapat peluang tapi belum bisa membobol gawang lawan.


Gol yang ditunggu-tunggu Indonesia baru tercipta tiga menit jelang babak pertama usai. Tendangan keras Firman Ardiansyah dari sisi kiri pertahanan tidak bisa dibendung Zwe Pyae Sone.

Hasil Piala AFF Futsal 2019: Timnas Indonesia ke FinalTimnas Futsal akan menghadapi Thailand di partai final. (AFC)
Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, Myanmar berhasil menyamakan skor jadi 1-1 memanfaatkan kelengahan pemain Indonesia. Pertandingan pun berjalan makin sengit.
[Gambas:Video CNN]
Saat kedudukan imbang 1-1, Indonesia bisa mencuri peluang untuk kembali unggul yang berawal dari kejelian pemain lincah, Adriansyah Runtuboy. Umpan Runtuboy disambut tendangan lob Andri Kustiawan yang mengecoh kiper Myanmar pada menit ke-29.

Tiga menit berselang, Indonesia menjauhkan skor jadi 3-1. Sontekan Subhan Faidasa memanfaatkan umpan Rio Pangestu membobol gawang Myanmar untuk ketiga kalinya.

Hasil Piala AFF Futsal 2019: Timnas Indonesia ke Final
Tertinggal dua gol membuat Myanmar memainkan skema powerplay. Usaha itu membuahkan hasil dengan satu gol yang diciptakan Nyein Min Soe.

Tendangan keras pemain bernomor punggung 11 dari sudut gawang gagal diantisipasi M. Iksan pada menit ke-35. Skor berubah jadi 2-3.

Di detik-detik akhir babak kedua, Indonesia mencetak gol dari jarak jauh melalui Marvin Alexa. Namun tak berselang lama, Myanmar memperkecil skor jadi 3-4 melalui Pyae Phyo Maung yang bertahan hingga laga usai.

Di final, Indonesia akan menghadapi Thailand pada Minggu (27/10). Tim dari Negeri Gajah Putih berhasil melangkah ke partai puncak usai menang 2-0 atas tuan rumah Vietnam.

Dua gol kemenangan Thailand atas Vietnam dijaringkan Ronnachai Jungwonsuk dan Kristada Wongkaeo.

Susunan pemain

Timnas Indonesia: 1-M. Iksan; 6-Marvin Alexa, 3-Rizki Xavier, 4-M. Iqbal, 10-Andri Kustiawan.

Timnas Myanmar: 2-Kyaw Htet Aung; 4-Kyaw Soe Moe, 7-Myo Myint Soe, 10-Khin Zaw Lin, 12-Hlaing Min Tun. (jal/bac)