La Nyalla Tak Mau Mengikuti Kongres PSSI 2 November

CNN Indonesia | Sabtu, 26/10/2019 18:25 WIB
Salah satu calon Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, mengatakan tak mau mengikuti Kongres PSSI pada 2 November mendatang. La Nyalla Mattalitti enggan mengikuti Kongres PSSI pada 2 November. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu calon Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, mengatakan tak mau mengikuti Kongres PSSI pada 2 November mendatang.

La Nyalla menyebut pengunduran diri itu dan tidak mau terlibat di Kongres PSSI 2 November dalam rilis yang diterima Sabtu (26/10) siang.

Dalam pernyataan tersebut, mantan Ketua Umum PSSI itu menilai Kongres yang akan dilaksanakan pada pekan depan memiliki sejumlah permasalahan. Pria yang kini menjadi Ketua DPD RI itu menganggap kongres 25 Januari 2020 yang awalnya ditetapkan AFC dan FIFA sudah ideal.


"Tapi tiba-tiba Exco PSSI memajukan jadwal menjadi 2 November. Tanpa alasan yang mendesak. Akibatnya, jadwal kerja komite pemilihan yang sudah ditetapkan enam bulan, menjadi empat bulan. Dan yang lebih penting, delegasi atau voter Kongres diambil dari hasil kompetisi 2018, bukan klub sekarang yang sedang berkeringat menyelesaikan kompetisi. Ini kan tidak fair," jelas La Nyalla dalam rilis.

[Gambas:Video CNN]
"Bagi saya hal ini ibarat PSSI menampar FIFA. Sebab, pengajuan jadwal Kongres itu direspons FIFA melalui suratnya tanggal 7 Agustus 2019, yang isinya menyarankan agar PSSI tetap menggelar kongres di bulan Januari 2020. Itulah mengapa saya tidak mau terlibat lagi di Kongres 2 November. Silakan saja jalan sendiri," sambungnya.

Ketika dikonfirmasi CNNIndonesia.com, La Nyalla menegaskan tidak akan mengikuti kongres pada 2 November.

"Saya tidak pernah menyatakan mundur [dari calon ketua pssi], saya hanya tidak mau mengikuti kongres 2 November [2019]. Setahu saya kongres itu 25 Januari 2020," tulis La Nyalla dalam pesan singkatnya.

La Nyalla Tak Mau Mengikuti Kongres PSSI 2 November
Dalam konfirmasinya itu La Nyalla mengaku akan tetap maju sebagai calon ketua PSSI jika kongres berlangsung tahun depan. "Ya [maju], kalau [kongres] 25 Januari 2020."

Pada pertengahan Oktober, La Nyalla sempat membantah mundur dari pencalonan Ketua Umum PSSI, terkait soal rangkap jabatan selepas terpilih menjadi ketua DPD RI. (TTF/nva)