Kalah di Semifinal French Open, Anthony Bersyukur Tak Cedera

CNN Indonesia | Sabtu, 26/10/2019 19:10 WIB
Kalah di Semifinal French Open, Anthony Bersyukur Tak Cedera Anthony Sinisuka Ginting belum meraih gelar juara sepanjang 2019. (Dok. PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kekalahan dari Chen Long pada babak semifinal French Open 2019 tetap disyukuri Anthony Sinisuka Ginting lantaran masih bisa menyelesaikan pertandingan tanpa cedera.

Anthony dan Chen bertanding cukup ketat untuk memerebutkan tiket partai final. Pada gim pertama, Anthony berupaya tidak tertinggal jauh dari lawannya kendati harus menerima kekalahan 19-21. Sementara pada gim kedua, Anthony yang sempat unggul 18-12 tidak mampu mempertahankan keunggulan dan justru kalah 18-21.

Gagal melaju ke final kejuaraan BWF World Tour untuk kali keempat pada tahun ini, setelah Singapore Open, Australia Open, dan China Open, Anthony tetap bersyukur.


"Pertama-tama saya ingin mengucap syukur dulu karena bisa menyelesaikan pertandingan tanpa cedera. Secara umum saya cukup puas dengan penampilan di Perancis, karena hasilnya lebih baik dari Denmark Open. Dari babak pertama sampai kemarin juga saya bisa maksimal. Tapi untuk penampilan hari ini saya tidak tampil sebaik kemarin," kata Anthony dikutip dari situs resmi PBSI.

Kalah di Semifinal French Open, Anthony Bersyukur Tak CederaAnthony Ginting gagal melaju ke final French Open 2019. (Dok. Humas PBSI)
Pebulutangkis peringkat delapan dunia itu menilai Chen tampil lebih baik dan lebih siap dibanding dirinya.

"Chen Long hari ini bermain lebih baik dari saya. Dia terus mencoba menekan saya, bahkan saat saya leading pun dia tetap tenang dan berusaha menekan balik dengan lebih keras. Saya juga banyak melakukan kesalahan di gim pertama dan gim kedua," ucap Anthony.

[Gambas:Video CNN]
Anthony sebenarnya memiliki catatan yang cukup baik ketika berhadapan dengan Chen. Dalam sembilan pertandingan sebelumnya, anggota pelatnas PBSI Cipayung itu meraih enam kemenangan. Keduanya terakhir bertemu pada Singapore Open 2019. Dalam pertandingan yang berlangsung Januari lalu tersebut, Anthony menang 21-8 dan 21-19.

Kalah di Semifinal French Open, Anthony Bersyukur Tak Cedera
"Pertandingan hari ini dengan terakhir di Singapura bisa dibilang beda jauh. Di sana ada menang angina, kalah angina, terus dia juga banyak melakukan kesalahan sendiri. Kemarin saya sudah coba pelajari permainannya dari video. Penampilan Chen Long saat ini sudah kembali seperti performa terbaik sebelum-sebelumnya," jelas Anthony.

Kekalahan Anthony membuat peluang all Indonesian final di sektor tunggal putra French Open 2019 pupus. Selain Anthony, Indonesia masih memiliki Jonatan Christie dalam laga semifinal lainnya. Jojo akan bertemu dengan Viktor Axelsen dalam laga yang berlangsung Sabtu (26/10) malam. (nva/nva)