Harapan Besar kepada Ketua PSSI Baru

CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 21:15 WIB
Para penggiat sepak bola menitipkan harapan besar di pundak Ketua PSSI baru yang akan dipilih pada Kongres Pemilihan, Sabtu (2/11). PSSI akan memiliki kepengurusan baru sesuai hasil Kongres Luar Biasa pada 2 November. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para penggiat sepak bola menitipkan harapan besar di pundak Ketua PSSI baru yang akan dipilih pada Kongres Pemilihan, Sabtu (2/11). PSSI diminta bekerja lebih baik, terutama menyiapkan timnas yang tangguh.

Mantan pemain Timnas Indonesia Primavera, Supriyono, berharap PSSI dikelola secara profesional. Baik penyelenggaraan kompetisi maupun pembinaan usia muda yang berjenjang.

"Kurangi pemain naturalisasi dan pelatih asing supaya pelatih lokal ada kesempatan untuk membuat tim yang solid baik di timnas maupun klub," kata Supriyono.


Kepengurusan baru PSSI, lanjut Supriyono, memiliki pekerjaan rumah berat untuk menyukseskan gelaran Piala Dunia U-20 2021. Ajang tersebut juga bisa jadi momentum evaluasi sejauh mana perkembangan filosofi sepak bola Indonesia.
Harapan Besar kepada Ketua PSSI Baru (FOKUS)Kurniawan Dwi Yulianto berharap prestasi Timnas Indonesia lebih baik di kepengurusan baru. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)

"Publik juga menunggu gebrakan Menpora yang baru saat kita menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 nanti. Kemudian bagaimana, integritas dari seorang Ketua Umum PSSI yang baru ini merespon tantangan ini, apakah sebatas menjadi tuan rumah yang baik atau juga mampu mencapai target, misalnya jadi juara."

[Gambas:Video CNN]
"Jangan hanya bagus di administrasi, tapi juga bagaimana prestasi timnas kita bisa terangkat. Bagaimana kita bisa jadi tuan rumah yang baik, karena sepak bola itu mencerminkan negara melalui nilai-nilai olahraga, terutama respek," jelas Supriyono.

Para legenda pemain Timnas Indonesia juga dinilai bisa menjadi sosok penting dalam organisasi PSSI. Namun meski berlabel mantan pemain Timnas Indonesia, tetap harus diseleksi sesuai dengan kapasitas dan pengetahuan yang baik dari sisi pengelolaan organisasi.

Harapan Besar kepada Ketua PSSI Baru (FOKUS)
Sementara itu, mantan pemain Timnas Indonesia Primavera, Kurniawan Dwi Yulianto, tak mau banyak membebankan kepengurusan baru PSSI periode 2019-2023.

"Saya tidak mau banyak bicara. Harapan saya cuma satu, bagaimana PSSI dan Timnas Indonesia ini bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya," ucap Kurniawan kepada CNNIndonesia.com, Selasa (29/10).

Sedangkan pemain Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, mengajak semua pihak untuk mendukung Ketua Umum PSSI yang terpilih nanti. Sinergi antara suporter, pengurus PSSI, dan pemain dibutuhkan untuk meraih prestasi internasional.

"Saya berharap siapa pun nanti yang terpilih, kita semua harus support dan kita harus bersatu dan bersinergi untuk sepak bola ke depan lebih baik lagi karena ini pekerjaan kita bersama. Kita semua patut bangga Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, semoga Timnas Indonesia bisa lebih baik lagi," terang Riko. (TTF/jun)