Keberanian Alfin Lestaluhu Pernah Membuat Bima Sakti Malu

CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 11:40 WIB
Keberanian Alfin Lestaluhu Pernah Membuat Bima Sakti Malu Alfin Lestaluhu (kostum nomor 2) menjadi salah satu pilar Timnas Indonesia U-16 di posisi bek kanan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengaku pernah merasa malu karena keberanian yang ditunjukkan Alfin Lestaluhu dalam Piala AFF U-16 2019.

Sebagai pelatih yang pernah menangani Alfin, Bima mengungkapkan kenangan manis bersama pemain yang mengembuskan napas terakhir pada Kamis (31/10) lantaran infeksi otak. 

Menurut Bima, Alfin adalah sosok anak yang tangguh, baik dari sisi fisik maupun mentalnya di setiap kesempatan bermain yang diberikan bersama Timnas Indonesia U-16. Hal itu juga yang akhirnya membuat Bima Sakti jatuh hati kepada Alfin dan menjadi alasan untuk memboyongnya memperkuat Timnas Indonesia U-16.


"Waktu uji coba dengan SKO [Sekolah Khusus Olahraga] Ragunan, saya melihat ini anak pemberani sekali. Main tanpa kompromi," kata Bima Sakti kepada CNNIndonesia.com saat mengenang sosok Alfin, Jumat (1/11).

Keberanian Alfin Lestaluhu Pernah Membuat Bima Sakti MaluBima Sakti menangani Timnas Indonesia U-16. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kisah keberanian Alfin yang lain dituangkan Bima dalam unggahan di media sosial. Mantan pemain Timnas Indonesia itu memuji mental Alfin yang disebut lebih berani ketimbang dirinya.

"Yang paling mengejutkan sewaktu adu penalti melawan Vietnam di ajang Piala AFF 2019 di Chonburi Thailand, begitu peluit berakhir dan dilanjutkan ke adu penalti, Alfin pemain pertama yang menghampiri saya dan berkata... 'Saya mau dan siap ambil penalti coach'," tulis Bima menceritakan Alfin di laga perebutan peringkat ketiga di Piala AFF U-16 tahun ini.

"Saya dengarnya malu dan berkata dalam hati...luar biasa mental anak ini, karena waktu saya main dulu, mohon maaf saat tampil di final SEA Games 1997 Jakarta melawan Thailand, saya salah satu pemain yang gak berani ambil penalti," sambungnya.

[Gambas:Instagram]
Pada perebutan peringkat ketiga di Piala AFF U-16 2019 Alfin yang maju sebagai algojo penalti kedua gagal membuat bola masuk ke gawang Vietnam, namun menurut Bima hasil eksekusi Alfin dapat dikesampingkan lantaran pemain asal Ambon tersebut sudah menunjukkan keberanian.

Keberanian Alfin Lestaluhu Pernah Membuat Bima Sakti Malu
"Walau dia gagal dan langsung meminta maaf ke saya, tanpa banyak bicara langsung saya peluk dia, gak apa-apa Alfin, terima kasih kamu udah berani ambil penalti dan memang sebenarnya dalam sesi latihan penalti, dia bukan pilihan utama untuk menendang penalti," tulis Bima.

"Dan setelah masuk ruang ganti, saya sampaikan ke semua pelatih, ofisial dan para pemain, bahwa saya respect salut dan bangga dengan perjuangan, dedikasi Alfin...saya dan mungkin semua anak muda di Indonesia bisa belajar dari keberanian Alfin, bahwa segala sesuatu kita harus berani mencoba dan yakin dengan kemampuan kita. #RespectforAlfin," tambah Bima dalam unggahan yang disertai rekaman video serta foto aksi Alfin ketika membela Timnas Indonesia U-16.

[Gambas:Video CNN] (ttf/nva)