Jokowi: Indonesia ke Semifinal atau Final Piala Dunia U-20

CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 20:19 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Timnas Indonesia Indonesia mengukir prestasi di Piala Dunia U-20 2021 dengan minimal bisa menembus babak semifinal. Presiden Joko Widodo ingin Timnas Indonesia mengukir prestasi di Piala Dunia U-20 2021. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mendukung Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dalam menyiapkan Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2021.

"Mulai dari sekarang didukung PSSI untuk menyiapkan U-20 kita mulai dari sekarang. Persiapannya betul-betul, persiapan yang panjang," kata Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak ingin Indonesia hanya sukses dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 nanti. Jokowi juga ingin skuat Merah Putih meraih prestasi dalam turnamen sepak bola dunia untuk umur di bawah 20 tahun.


"Jangan sampai. Paling tidak bisa masuk final alhamdulillah, bisa semifinal juga alhamdulillah," ujarnya.

Jokowi: Indonesia ke Semifinal atau Final Piala Dunia U-20Timnas Indonesia U-19 diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2021. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyatakan bahwa Jokowi ingin Timnas Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U-20 bisa berlatih dan diuji di Eropa.
[Gambas:Video CNN]
"Bila perlu, dilatih di Eropa, disiapkan sungguh-sungguh. Jangan sampai sukses sebagai penyelenggara, tapi tidak sukses sebagai peserta," kata Muhadjir, kemarin.
Jokowi: Indonesia ke Semifinal atau Final Piala Dunia U-20
Indonesia ditunjuk FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. PSSI sendiri sudah mengajukan 10 stadion yang bakal dijadikan venue gelaran Piala Dunia U-20 2021.

Kesepuluh stadion itu yakni, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Stadion Si Jalak Harupat di Jawa Barat.

Kemudian Stadion Manahan Solo di Jawa Tengah, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali. (fra/jal)