Pelatih Persib Minta Ketua PSSI Baru Berantas Mafia Bola

CNN Indonesia | Minggu, 03/11/2019 04:11 WIB
Pelatih Persib Minta Ketua PSSI Baru Berantas Mafia Bola Pelatih Persib Robert Rene Alberts berharap Iwan Bule sebagai Ketua PSSI yang baru bisa memberantas mafia bola. (CNN Indonesia/Huyogo Simbolon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mochamad Iriawan terpilih menjadi Ketua PSSI periode 2019-2023 setelah mendapatkan 82 suara dari 86 voter dalam Kongres Pemilihan PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11). Terpilihnya pria yang akrab disapa Iwan Bule itu sebagai Ketua PSSI disambut baik oleh pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

Robert berharap Ketua PSSI yang baru bisa total memberantas mafia bola yang menggerogoti sepak bola Indonesia. Dia berharap sosok Iwan Bule yang juga pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat ini dinilainya cukup menjanjikan yang dapat diharapkan untuk membawa perubahan positif bagi PSSI dan persepakbolaan nasional.

"Dia polisi yang pernah menjabat di Bandung kan? Saya tidak mengenal dia, tapi saya dan semuanya berharap dia punya jiwa kepemimpinan yang kuat di sepak bola Indonesia dan mampu membuat kebijakan yang tepat terutama soal korupsi dan mafia, itu yang harus diberantas secepatnya," kata Robert ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.


Pelatih berkebangsaan Belanda itu menilai induk sepak bola Indonesia saat ini sudah menjalankan tugasnya cukup baik dalam memberantas korupsi dan mafia.

Pelatih Persib Minta Ketua PSSI Baru Berantas Mafia BolaIwan Bule jadi Ketua PSSI meraih 82 suara dari 86 voter yang diundang di Kongres PSSI. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Namun, pelatih 64 tahun itu menilai perlu ada terobosan baru agar sepak bola tanah air semakin baik di masa yang akan datang.

"Memang itu sudah berjalan, tapi dengan kepemimpinan dia, bisa banyak memperbaiki terkait hal itu. Saya juga menilai penting soal bagaimana orang-orang yang bekerja bersama dia dan untuknya," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]
Menurut pelatih asing yang telah malang-melintang di sepak bola nasional itu, saat ini persepakbolaan nasional membutuhkan sosok ketua umum berjiwa kepemimpinan serta bisa memberi dampak positif bagi perkembangan sepak bola Indonesia.

"Saya berharap orang yang terlibat maupun tersangka dalam kasus sepak bola Indonesia bisa disingkirkan. Jadi, ke depannya sepak bola Indonesia bisa lebih adil dan sportif," tutur Robert.

Hal senada juga turut disampaikan gelandang Maung Bandung, Abdul Aziz.

Pelatih Persib Minta Ketua PSSI Baru Berantas Mafia Bola
Aziz berharap terpilihnya Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI yang baru diharapkan dapat membawa perubahan yang lebih baik.

"Semoga [Ketua PSSI] membawa sepak bola lebih baik lagi ke depan. Tidak ada lagi masalah-masalah, dan dapat memajukan sepak bola Indonesia intinya," ujar Aziz.

Seperti diketahui, Iwan Bule terpilih sebagai Ketua PSSI baru di Kongres Luar Biasa Pemilihan 2019 setelah menang mutlak dalam ajang tersebut.

Di dalam pemungutan suara di KLB Pemilihan 2019, Iwan Bule meraih 82 suara dari 85 voters. Sementara satu suara lain yang dimiliki Persis Solo tidak dihitung lantaran klub berjuluk Laskar Samber Nyawa itu memilih walk out. (hyg/bac)