Iwan Bule Sebut Kandidat Pelatih Indonesia Selain Milla

CNN Indonesia | Sabtu, 02/11/2019 22:08 WIB
Iwan Bule Sebut Kandidat Pelatih Indonesia Selain Milla Luis Milla digadang-gadang kembali ke Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua PSSI terpilih, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule menyebut kemungkinan ada nama lain yang bisa menjadi pelatih Timnas Indonesia selain Luis Milla. Iwan Bule kemudian menyebut kandidat itu adalah mantan pelatih Timnas Korea Selatan sebagai salah satu kandidat. 

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, nama Shin Tae Yong mencuat sebagai eks pelatih Korsel yang kini belum menangani tim atau klub.

Dua nama tersebut masih menjadi pertimbangan Iwan Bule sebelum memutuskan. Menurutnya, ia bakal segera memberikan jawaban final dalam satu-dua hari ke depan.


"Pelatih tunggu sebentar. Satu dua hari ini saya akan menganalisis pelatih mana yang kira-kira pas buat Timnas kita [Indonesia]," kata Iwan Bule usai terpilih secara mutlak menjadi Ketua PSSI di Kongres Luar Biasa (KLB), Sabtu (2/11).

Sebenarnya saat ini Simon McMenemy secara resmi masih menjadi pelatih Timnas Indonesia. Namun, seruan untuk PSSI mengganti Simon mencuat usai empat kekalahan beruntun Skuat Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Iwan Bule usai terpilih menjadi Ketua PSSI periode 2019-2023. (Iwan Bule usai terpilih menjadi Ketua PSSI periode 2019-2023. (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Setelah kalah 3-2 dari Malaysia di laga perdana, Timnas Indonesia kembali takluk 0-3 dari Thailand di laga kandang. Pada laga tandang ke markas Uni Emirate Arab (UEA), pasukan Simon juga menelan kekalahan 0-5 dan tersungkur 1-3 dari Vietnam di laga keempat.

Kondisi itu membuat suporter Timnas Indonesia angkat suara. Mereka meminta kepada PSSI untuk memecat Simon dan kembali mendatangkan Luis Milla ke Jakarta.

"Publik juga menginginkan Luis Milla tapi itu akan kita dalami dulu, karena ada pelatih lainnya yang bagus juga, mantan pelatih Korea Selatan juga bagus tapi akan kami dalami dulu," ungkapnya.

Milla dan Shin Tae Yong Calon Pelatih Timnas Indonesia
Tae Yong yang saat ini berusia 50 tahun adalah pelatih yang berhasil membawa Pasukan Negeri Gingseng mengalahkan Jerman 2-0 di Piala Dunia 2018. Namun, langkah Korea Selatan kala itu terhenti di fase grup Piala Dunia 2018.

Hasil itu dipercaya menjadi penyebab kontrak Tae Yong bersama Timnas Korea Selatan tak berlanjut. Saat ini, ia diketahui sedang dalam posisi bebas kontrak dengan klub atau timnas manapun.

[Gambas:Video CNN] (TTF/bac)