Tak Punya Kantor, PSSI Diizinkan Rapat di Kemenpora

CNN Indonesia | Senin, 04/11/2019 19:03 WIB
Tak Punya Kantor, PSSI Diizinkan Rapat di Kemenpora PSSI tak lagi punya kantor tetap usai pindah dari GBK. (Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mempersilakan PSSI untuk menggelar rapat di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Hal itu diungkapkan Menpora menanggapi PSSI yang sampai saat ini tidak memiliki kantor tetap. Padahal melalui Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 Tahun 2019 soal percepatan pembangunan sepak bola nasional, memberikan pintu untuk PSSI mendapatkan kantor tetap yang layak.

Beberapa tahun ke belakang, PSSI sering berpindah-pindah kantor. Mulai dari Gran Rubina di Kuningan, sebuah rumah di kawasan Kemang sampai terakhir di Menara Olahraga Senayan (MOS) yang terletak di Gedug FX Senayan, Jakarta.


Sebelumnya PSSI berkantor di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno. Namun karena hajatan Asian Games 2018 yang menjadikan SUGBK sebagai venue utama, lembaga atau instansi yang berkantor di wilayah itu diminta angkat kaki.

"Pemerintah mendukung penuh PSSI untuk punya kantor sendiri. Kalau butuh tempat rapat, Kantor Kemenpora terbuka, kok. PSSI bisa menggunakan kantor kami untuk rapat," kata Menpora Zainudin kepada wartawan, Senin (4/11).

Iwan Bule berharap PSSI bisa memiliki kantor tetap di masa kepengurusannya.Iwan Bule berharap PSSI bisa memiliki kantor tetap di masa kepengurusannya. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Sementara itu, Ketua PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule menuturkan keinginan untuk memiliki kantor akan menjadi catatan dalam periode kepengurusannya selama empat tahun ke depan.

"Ini momen yang tepat bagi PSSI bekerja sama dengan pemerintah untuk memiliki sebuah kantor. Kalau kami tidak bekerja sama dengan pemerintah, ya kami tidak maju-maju. Karena sulit cari tanahnya untuk membangun gedung," ucap Iwan Bule.

[Gambas:Video CNN]
Iwan Bule yang juga mantan Kapolda Metro Jaya itu menyebut ada tanah seluas dua ribu meter di area kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan yang bisa dibangun kantor untuk PSSI.

Meski tidak memiliki kantor, Iwan Bule memastikan PSSI tidak akan menggelar rapat di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Selain sebagai Ketua PSSI, saat ini Iwan Bule masih menjabat sebagai Sekretaris Utama Lemhanas.

Tak Punya Kantor, PSSI Diizinkan Rapat di Kemenpora
Situasi itu bisa jadi akan membuat Iwan Bule berbeda dengan Ketua PSSI sebelumnya, Edy Rahmayadi. Saat menjabat Ketua PSSI, Edy juga menjadi Pangkostrad, dan kerap menggelar rapat Exco di Makostrad.

"Rapat Exco tetap akan di Kantor PSSI sekarang. Kami mau punya gedung PSSI yang bisa dibanggakan. Thailand, Vietnam, Filipina semua sudah punya kantor sendiri. Kami yang belum. Kami akan maksimal supaya keinginan ini bisa terealisasi," ujar Iwan Bule.

Iwan Bule juga memastikan bakal membangun Soccer Camp tidak jauh dari Jakarta. Di Soccer Camp nanti PSSI akan membangun wisma atlet yang memiliki empat lapangan sintetis dan empat lapangan rumput sebagai tempat latihan Timnas Indonesia.

"Semoga Pak Menpora bisa menyampaikan keinginan ini ke Pak Presiden. Semoga dalam waktu dekat ini akan terealisasikan," ucap Iwan Bule. (TTF/ptr)