Timnas Indonesia U-19 Punya Modal Bagus Lawan Timor Leste

nva, CNN Indonesia | Selasa, 05/11/2019 11:20 WIB
Timnas Indonesia U-19 Punya Modal Bagus Lawan Timor Leste Timnas Indonesia mencetak empat gol ke gawang Timor Leste pada Piala AFF U-19 2019. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-19 arahan Fakhri Husaini memiliki pengalaman meraih kemenangan besar atas Timor Leste dalam turnamen di level Asia Tenggara.

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam laga pertama kualifikasi Piala Asia U-19 2020 yang akan berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11) malam waktu Indonesia barat.

Skuat Merah Putih sudah pernah bertemu dengan wakil junior skuat berjuluk O Sol Nascente pada ajang Piala AFF U-19 yang berlangsung Agustus 2019.


Dalam laga kedua fase grup, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri dan kawan-kawan meraih kemenangan 4-0 atas Timor Leste. David Maulana membuka kemenangan pada menit kesembilan, disusul gol Muhammad Salman Alfarid, dan Beckham Putra Nugraha pada babak pertama. Kemudian Sutan Diego Armando Ondriano Zico mencetak satu gol pada babak kedua.

Pemain Timnas Indonesia U-19 Berpengalaman Tekuk Timor LesteTimnas Indonesia meraih kemenangan telak atas Timor Leste di ajang Piala AFF U-19 2019. (Dok. PSSI)
Setelah unggul empat gol, serangan Timnas Indonesia U-19 mengendur. Kondisi tersebut dimanfaatkan Timor Leste dengan menciptakan beberapa peluang mencetak gol untuk memperkecil kedudukan. Kiper Ernando Ari Sutaryadi setidaknya melakukan dua penyelamatan penting untuk menjaga gawang tetap bersih dari gol.

[Gambas:Video CNN]
Fakhri dan beberapa pemain Timnas Indonesia U-19 juga pernah menang telak atas Timor Leste pada fase grup Piala AFF U-16 2018. Dalam kompetisi kelompok umur yang berlangsung di Jawa Timur pada Juli-Agustus tahun lalu, Bagus mencetak dua gol dan Zico mencetak satu gol dan membawa Timnas Indonesia U-16 menang 3-0 atas Timor Leste.

Pemain Timnas Indonesia U-19 Berpengalaman Tekuk Timor Leste
Skuat Timnas Indonesia U-19 saat ini mayoritas berasal dari Timnas Indonesia U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2018 dan tampil di putaran final Piala Asia U-16 2018.

Dalam Grup K kualifikasi Piala Asia U-19 2020, Indonesia akan menghadapi Timor Leste, Hong Kong, dan Korea Utara. Pemimpin klasemen akhir akan mendapat jatah berlaga di Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan.

Tiket ke putaran final Piala Asia U-19 2020 juga bisa diraih oleh negara yang menempati peringkat kedua terbaik dalam fase kualifikasi. (har)