Rossi Diklaim Tunda Pensiun Demi MotoGP Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 05/11/2019 17:58 WIB
Rossi Diklaim Tunda Pensiun Demi MotoGP Indonesia Valentino Rossi diklaim tertarik menjajal MotoGP Indonesia. (TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Valentino Rossi diklaim tertarik tampil di MotoGP Indonesia pada 2021 sehingga berpikir untuk menunda keputusan pensiun dari MotoGP.

Rossi masih memiliki kontrak dengan Yamaha hingga akhir MotoGP 2020. Sejauh ini Rossi belum memutuskan rencana pensiun, namun Yamaha juga belum memberikan gambaran tegas mengenai nasib Rossi setelah musim MotoGP 2020 berakhir.

MotoGP Indonesia sendiri direncanakan bakal bergulir pada MotoGP 2021. Menurut Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer, Rossi tertarik untuk menjajal sirkuit MotoGP Indonesia yang bakal digelar di Mandalika, Lombok.


"Kemarin, saat bersama Dorna bertemu Presiden [Joko Widodo] di Istana Bogor, [perwakilan Dorna] berkata Rossi akan menunda pensiun setahun demi menjajal sirkuit jalanan di Mandalika kalau penyelenggaraan berjalan on time [2021]."

Valentino Rossi saat ini terikat kontrak hingga MotoGP 2020.Valentino Rossi saat ini terikat kontrak hingga MotoGP 2020. (AP Photo/Andy Brownbill)
"Kalau Rossi sehat, niatnya begitu. Terkecuali dia mengalami cedera," ucap Abdulbar usai bertemu Menpora Zainudin Amali di Jakarta, Selasa (5/11).

MotoGP Indonesia punya daya tarik yang membuat seri tersebut bisa jadi perhatian pebalap dan penggemar MotoGP. Pasalnya, sirkuit Mandalika akan adalah sirkuit jalanan pertama di ajang MotoGP.

[Gambas:Video CNN]
Sebelum pengajuan proposal untuk MotoGP 2021, Indonesia pernah jadi tuan rumah grand prix motor pada 1996 dan 1997. Pada 1996, Mick Doohan jadi juara kelas primer (500cc). Sedangkan setahun berikutnya, giliran Tadayuki Okada yang jadi pemenang.

Rossi Diklaim Tunda Pensiun Demi MotoGP Indonesia

Rossi sendiri pernah jadi pemenang GP Indonesia, yaitu pada 1997 saat jadi juara di kelas 125cc.

Live streaming MotoGP Valencia 2019, 7 November mendatang, bisa disaksikan melalui di CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung balapan disiarkan Trans7. (TTF/ptr)