ITDC Yakin Indonesia Tuan Rumah Seri MotoGP 2021

CNN Indonesia | Selasa, 05/11/2019 19:13 WIB
ITDC Yakin Indonesia Tuan Rumah Seri MotoGP 2021 Ilustrasi kawasan Mandalika. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/ama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar Mansoer yakin Indonesia bakal menjadi salah satu tuan rumah seri MotoGP 2021 sesuai kesepakatan kontrak yang ditandatangani Dorna pada 28 Januari 2019.

Dalam kontrak tersebut disebutkan Indonesia bakal menjadi tuan rumah MotoGP selama lima tahun mulai dari 2021 sampai 2025.

"Kita jadi tuan rumah MotoGP untuk 2021. Kemungkinan jadwal di Oktober 2021. Jadwal nanti keluar Agustus 2020. Mereka [Dorna] tidak akan bilang pastinya sebelum itu," ucap Abdulbar usai melaporkan perkembangan terkini Mandalika sebagai venue MotoGP 2021 kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Selasa (5/11).


Abdulbar menyatakan proses pembangunan Sirkuit Mandalika berjalan sesuai rencana dan telah dilakukan penggalian badan jalan maupun pembangunan lintasan sejak September lalu. Setelah itu pada awal tahun depan ITDC dan pihak pengembang akan mulai mengaspal lintasan.
ITDC Yakin Indonesia Tuan Rumah Seri MotoGP 2021Perwakilan Indonesia Tourism Development Corporation bertemu Menpora Zainudin Amali membahas perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
"Kami harap pengerjaan dapat selesai dalam satu tahun. Karena selain jadi tuan rumah, Mandalika juga akan menjadi lokasi tes pramusim sekitar Februari atau Maret 2021," ujar Abdulbar.

Abdulbar memastikan tidak ada kendala berarti terkait fasilitas pendukung seperti hotel karena hal itu sudah tergolong memadai di kawasan Lombok.
[Gambas:Video CNN]
"Di Buriram [MotoGP Thailand] yang jaraknya sekitar enam jam dari Bangkok, lokasinya di tengah-tengah kota kecil yang tidak ada apa-apanya saja bisa [jadi tuan rumah seri MotoGP]. Kita ke Mandalika dari Bali hanya 30 menit. Di Bali ada ribuan hotel. Di Nusa Dua ada sekitar lima ribu kamar. Kalau mau nyebrang dengan kapal feri pun hanya dua jam. Jadi kita bisa mengandalkan akomodasi dari luar kawasan," jelasnya.

ITDC pun berencana melepas 20 ribu tiket untuk penonton MotoGP Indonesia 2021 pada November ini. Namun mereka yang sudah memesan tiket belum diwajibkan untuk membayar meski sudah dipastikan dapat tiket.

ITDC Yakin Indonesia Tuan Rumah Seri MotoGP 2021
"Harga sampai saat ini belum ditentukan. Proyeksinya masih dihitung [harga tiket] karena kami harus koordinasi dengan Dorna," terang Abdulbar.

Sementara itu, Menpora berpesan agar ITDC tidak main-main dalam mempersiapkan Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP 2021. Sebab, hal ini menyangkut nama baik Indonesia.

"Mumpung waktunya masih cukup kami undang ITDC dan IMI [Ikatan Motorsport Indonesia] untuk memastikan bahwa kegiatan ini [MotoGP 2021] bisa berjalan. Tapi kami sampaikan juga, kalau tidak sanggup segera bilang karena ini menyangkut nama Indonesia," ucap Abdulbar.

Sirkuit Mandalika bakal menjadi sirkuit jalan raya pertama sepanjang sejarah di MotoGP. Sirkuit Mandalika disebut CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta akan jadi sirkuit terindah karena melewati pantai, gunung dan tempat wisata lain. (TTF/jal)