Simon McMenemy Juara di Liga 1, Jeblok di Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 06/11/2019 14:12 WIB
Pencapaian Simon McMenemy di Timnas Indonesia dibandingkan dengan karier di Liga 1 ibarat bumi dan langit. Simon McMenemy jeblok di Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pencapaian Simon McMenemy di Timnas Indonesia dibandingkan dengan karier di klub Liga 1 ibarat bumi dan langit.

Pelatih asal Skotlandia itu sempat mencuri perhatian publik sepak bola tanah air setelah mengerek Bhayangkara FC juara Liga 1 2017.

Padahal, Bhayangkara FC saat itu berstatus sebagai klub baru milik Kepolisian Republik Indonesia.


Bhayangkara saat itu mengangkangi Bali United yang harus puas berada di posisi runner-up. Total 22 kali kemenangan, dua imbang dan 10 kali kalah membuat The Guardian memastikan juara Liga 1 edisi pertama tersebut.

Bhayangkara FC saat merayakan juara Liga 1 2017. (Bhayangkara FC saat merayakan juara Liga 1 2017. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Nama-nama seperti Evan Dimas, Ilija Spasojevic, Ilham Udin Armaiyn, I Putu Gede, dan Paulo Sergio menjadi andalan Bhayangkara di bawah arahan Simon saat itu.


Ketangguhan Simon meracik Bhayangkara FC tidak berhenti di Liga 1 2017. Pada musim berikutnya, Bhayangkara FC tetap dibawa Simon hingga ke papan atas Liga 1 2018, tepatnya menempati posisi ketiga klasemen akhir.

Berkat tangan dinginnya mendongkrak Bhayangkara, Simon kemudian mendapat pinangan dari PSSI untuk menangani Timnas Indonesia pada Desember 2018. Dia menggantikan posisi Bima Sakti yang menjadi pelatih sementara pengganti Luis Milla.

Kontrak Luis Milla saat itu tidak diperpanjang PSSI dan sempat mengundang kontroversi. Pasalnya, publik sepak bola Indonesia menganggap Milla masih pantas menangani Garuda.

[Gambas:Video CNN]
Pada debutnya di laga uji coba internasional, Simon memetik hasil positif dengan mengalahkan Myanmar 2-0, Maret 2019. Pada laga persahabatan berikutnya pertengahan Juni, Garuda mengalami kekalahan 1-4 dari Yordania.

Skuat besutan Simon kembali meraih kemenangan pada laga uji coba internasional atas Vanuatu dengan skor telak 6-0.

Simon McMenemy Sukses di Liga 1, Jeblok di Timnas Indonesia
Simon kemudian mendapat sorotan negatif setelah memimpin skuatnya di turnamen internasional, kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Pada laga perdana di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Indonesia dipermalukan Malaysia dengan skor 2-3. Merah Putih kian meradang setelah dikalahkan Thailand 0-3 di GBK.

Indonesia semakin terpuruk ketika dikalahkan tuan rumah Uni Emirat Arab 0-5. Merah Putih juga takluk dari Vietnam 1-3. Total empat kali kekalahan secara beruntun di kualifikasi Piala Dunia zona Asia membuat dia terlempar dari kursi pelatih.

Prestasi Simon menangani Indonesia juga berbanding terbalik ketika dia masih melatih timnas Filipina. Saat itu dia mampu membawa The Azkals ke semifinal Piala AFF 2010 untuk kali pertama dalam sejarah skuat tersebut.

Filipina gagal melangkah ke final setelah kalah agregat 0-2 dari Indonesia. Laga itu pula yang membuat Simon sempat menyatakan tertarik menangani Merah Putih. (bac/jal)