Fajar, Bintang Kemenangan Timnas Indonesia atas Timor Leste

CNN Indonesia | Rabu, 06/11/2019 21:45 WIB
Fajar, Bintang Kemenangan Timnas Indonesia atas Timor Leste Fajar Fathur Rahman jadi bintang kemenangan Timnas Indonesia U-19. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang sayap Fajar Fathur Rahman menjadi bintang kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Timor Leste di laga pertama Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (6/11).

Saat pertandingan baru berjalan dua menit, Fajar sukses membawa Timnas Indonesia U-19 unggul lewat sundulan usai memanfaatkan sepak pojok Beckham Putra.

Gol itu tercipta berkat kejelian Fajar. Sejak menit awal Fajar ditempatkan sebagai penyerang sayap kiri, sedangkan sayap kanan diisi Bagus Kahfi.


Dalam gol itu Fajar sukses mencari ruang kosong di sisi kanan dan jeli melihat sepak pojok yang dilepaskan Beckham. Ketika sepak pojok Beckham tidak bisa diantisipasi pemain Timor Leste, Fajar yang bergerak dari belakang tanpa kesulitan mencetak gol lewat sundulan.

Torehan Fajar di awal babak pertama itu menjadi tabungan berharga untuk Timnas Indonesia U-19 di paruh pertama laga tersebut. Karena setelah unggul, Indonesia justru sempat mengalami kesulitan menambah skor.

Performa apik Fajar makin terlihat di babak kedua. Tepatnya setelah Mochammad Supriadi masuk di menit ke-52 menggantikan Sutan Zico.

Timnas Indonesia U-19 menang 3-1 atas Timor Leste.Timnas Indonesia U-19 menang 3-1 atas Timor Leste. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Dengan pergantian itu, Supriadi mutlak menempati sisi kiri serangan Timnas Indonesia U-19, sedangkan Fajar digeser ke sisi kanan. Penyerang tengah ditempati Bagus Kahfi.

Melalui skema lini depan yang ditempati Supriadi, Bagus, dan Fajar, serangan Timnas Indonesia U-19 menjadi lebih cair dan dinamis.

[Gambas:Video CNN]
Beberapa kali umpan tarik Fajar dari sisi kanan menciptakan peluang emas. Salah satunya gol yang dicetak David Maulana di menit ke-62. Umpan Fajar yang bergulir keluar kotak penalti disambut tendangan keras David Maulana.

Fajar Bintang Kemenangan Timnas Indonesia atas Timor Leste

Pemain lain yang sempat merasakan umpan matang Fajar adalah Bekcham Putra di menit ke-70. Tetapi, meski dalam posisi ideal mencetak gol, Beckham yang sudah berada di depan gawang lawan belum bisa mengubah skor. Tendangan Beckham usai menerima umpan Fajar justru melebar.

Kejelian Fajar mencari ruang kosong dan menempatkan posisi kembali terlihat di menit ke-78 saat membawa Timnas Indonesia U-19 unggul 3-1.

Gol kedua Fajar itu bermula dari umpan Supriadi dari sisi kiri. Fajar yang menerima umpan tersebut dengan mudah mencetak gol lantaran tidak dijaga pemain Timor Leste.

Catatan dua gol dan satu assist membuat Fajar punya peran besar di balik kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Timor Leste di laga perdana kualifikasi Piala Asia U-19 2020. (sry/ptr)