Tak Cium Bau Sampah di GBT, Bonek Minta Gubernur Jatim Bijak

CNN Indonesia | Jumat, 08/11/2019 14:53 WIB
Tak Cium Bau Sampah di GBT, Bonek Minta Gubernur Jatim Bijak Bonek dan OPD Pemkot Surabaya kerja bakti merapikan Stadion Gelora Bung Tomo. (ANTARA FOTO/Moch Asim/ama.)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kelompok suporter Persebaya Surabaya, Bonek, membantah pernyataan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang menyebut Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) bau sampah.

Bonek beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Surabaya menggelar kerja bakti bersih-bersih Stadion GBT, Jumat (8/11).

Dalam kerja bakti yang merupakan bentuk tanggung jawab usai kericuhan pada akhir Oktober lalu, Bonek menyatakan tidak mencium bau seperti yang diutarakan Khofifah, Senin (4/11).


Bonek berharap pemerintah dapat memberi solusi terkait masalah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo yang dekat dengan Stadion GBT sebelum penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

Tak Cium Bau Sampah di Stadion GBT, Bonek Mau Gubernur BijakAnggota Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya dan Bonek menggelar kerja bakti di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. (CNN Indonesia/ Farid)
"Banyak Bonek yang datang, tidak bisa dihitung, kurang lebih ada ratusan. Ini rumah kami sendiri partisipasi agar kami bisa lebih baik dan bisa jaga rumah setelah kejadian kemarin," ujar Koordinator Bonek Tribun Utara (Green Nord), Husain Ghozali, atau yang akrab disapa Cak Conk.

"Tidak ada bau [sampah] selama kami di sini. Jadi sebetulnya aroma apa yang dikatakan oleh ibu Gubernur? Harusnya mereka [Guberner] harus bisa cari solusi. Bukan mengalihkan isu menjadi pengalihan venue, saya rasa Gubernur bisa lebih bijak lagi," ujar dia.

[Gambas:Video CNN]
Presiden Persebaya, Azrul Ananda, yang turut mengecat batas jalan memberi apresiasi kegiatan kerja bakti sebagai sarana rekonsiliasi semua pihak setelah kericuhan setelah kalah dari PSS Sleman.

"Saya kira semangatnya luar biasa, senang juga akhirnya semuanya jadi ketemu teman-teman Bonek, dari Persebaya, Pemkot, semua elemen," kata Azrul.

"Sayang semua pemain sedang di luar kota karena persiapan pertandingan, kalau tidak mereka semua ke sini juga," ucap Azrul.

Tak Cium Bau Sampah di Stadion GBT, Bonek Mau Gubernur Bijak
Ia pun menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkot Surabaya karena telah mengajak seluruh pihak berpartisipasi menjaga stadion kebanggaan di Surabaya sebagai persiapan gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

"Saya kira ini tantangan yang baik untuk Surabaya dan kalau Surabaya bisa menyelenggarakan itu akan membuat bangga seluruh warga, membuat bangga seluruh element, dan bisa bikin Surabaya naik level," kata dia. (frd/har)