Repsol Honda 'Paksa' Marquez Kerja Keras di MotoGP Valencia

CNN Indonesia | Jumat, 08/11/2019 15:32 WIB
Repsol Honda 'Paksa' Marquez Kerja Keras di MotoGP Valencia Marc Marquez jadi andalan utama Repsol Honda dalam mendulang poin. (Mohd RASFAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demi meraih gelar juara dunia tim, Repsol Honda bakal memaksimalkan Marc Marquez dalam balapan terakhir musim ini di MotoGP Valencia 2019.

Setelah memastikan gelar juara dunia pebalap dan membantu Honda menjadi juara di kategori pabrikan, kini Marquez diharapkan dapat membantu Repsol Honda untuk memuncaki daftar klasemen tim MotoGP 2019.

Saat ini Repsol Honda menempati peringkat kedua dalam daftar tim peserta MotoGP dengan 430 poin. Tim asal Jepang itu tertinggal dua poin dari Mission Winnow Ducati yang diperkuat Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.


Ambisi Repsol Honda memuncaki daftar klasemen tim peserta MotoGP sudah ditunjukkan sebelum MotoGP Malaysia 2019, namun Marquez gagal tampil sebagai yang tercepat di Sepang.

Repsol Honda 'Paksa' Marquez Kerja Keras di MotoGP ValenciaMarc Marquez (kiri) mendominasi perolehan poin tim Repsol Honda. (KARIM JAAFAR / AFP)
"Di Sepang strategi kami adalah berupaya melakukan start dengan baik dan berada di depan. Awal start menjadi momen yang kritis karena setelah Marc terjatuh di Q2 posisi ke-11 di start adalah hal yang rumit. Tujuan kami, seperti biasa, meraih kemenangan atau setidaknya podium."

"Marc melakukan salah satu start yang terbaik dan lap pertama yang luar biasa, dia mencoba mengikuti Vinales. Sayang dia kehilangan waktu ketika bersaing dengan Miller dan perbedaan dengan Vinales semakin lebar. Kami ingin mengulangi seperti yang terjadi di Australia, tetapi lawan sudah siap," ujar Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig dikutip dari Tuttomotoriweb.

[Gambas:Video CNN]
Repsol Honda tak bisa mengandalkan Jorge Lorenzo untuk meraih poin lantaran performa sang pebalap yang jeblok pada musim ini. Dari 430 poin yang dimiliki Repsol Honda, Lorenzo hanya menyumbang 25 poin. Sementara Marquez memberi sumbangsih 395 poin. Sedangkan 10 poin tersisa merupakan hasil Stefan Bradl.

Repsol Honda 'Paksa' Marquez Kerja Keras di MotoGP Valencia
"Hal positif yang kami raih adalah kemampuan menempati podium dan kami hanya tertinggal dua poin dari Ducati dalam perburuan gelar tim. Target kami di Valencia adalah meraih tiga gelar juara. Marc melakukan musim yang luar biasa dengan mencatatkan rekor perolehan poin," tutur Puig.

Marquez bakal kembali tampil dalam rangkaian MotoGP Valencia yang bakal berlangsung 17 November 2019 di Sirkuit Ricardo Tormo.

Live streaming MotoGP Valencia 2019, 17 November mendatang, bisa disaksikan melalui di CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung balapan disiarkan Trans7. (nva/sry)