Quartararo Diprediksi Gantikan Rossi Mulai MotoGP 2021

CNN Indonesia | Minggu, 10/11/2019 14:07 WIB
Quartararo Diprediksi Gantikan Rossi Mulai MotoGP 2021 Valentino Rossi (kiri) dan Fabio Quartararo (kanan) sama-sama menggunakan motor Yamaha pada MotoGP 2019. (GIUSEPPE CACACE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pebalap motor Loris Reggiani menganggap penurunan performa Valentino Rossi membuat Fabio Quartararo bakal menggantikan tempat The Doctor di tim Monster Energy Yamaha pada MotoGP 2021.

Reggiani yang pernah bersaing di kelas 125cc dan 250cc sudah mengabaikan peluang Rossi meraih gelar juara dunia pada musim kompetisi tahun depan karena penurunan yang kian nyata.

"Saya melihat Rossi memburuk, sepertinya parabola penurunan telah dimulai dan cukup tajam. Semua dimulai di Mugello. Dia bertahan di Q1 pada Sabtu, padahal setahun sebelumnya dia berada di posisi start terdepan," ujar Reggiani dikutip dari Tuttomotoriweb.


"Dia masih bisa menjalani balapan dengan baik, seperti di Sepang. Dengan posisi start yang lebih baik dia bisa bersaing naik podium, tetapi untuk menjadi juara dunia saya tidak yakin dia bisa melakukannya. Sayangnya kejuaraan tanpa Rossi adalah dosa," sambungnya.

Quartararo Dijagokan Ganti Rossi yang Mulai Menurun di MotoGPFabio Quartararo tampil sebagai pebalap rookie terbaik pada MotoGP 2019. ( TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)
Seiring dengan Rossi yang menurun, Reggiani menganggap pengganti pebalap veteran itu sudah lahir. Quartararo yang menjalani debut di MotoGP pada musim ini dianggap layak berbagi tempat dengan Maverick Vinales di tim Monster Energy Yamaha pada 2021 atau setelah kontrak Rossi usai.

[Gambas:Video CNN]
Posisi Quartararo di klasemen MotoGP 2019 lebih baik ketimbang Rossi. Pebalap Prancis itu menduduki peringkat keenam dengan 172 poin, unggul enam poin atas Rossi. Pebalap tim Yamaha Petronas itu juga tercatat empat kali menjadi runner up dan dua kali finis ketiga. Sementara Rossi hanya mampu dua kali naik podium.

Quartararo Dijagokan Ganti Rossi yang Mulai Menurun di MotoGP
"Saya pikir pada 2021 Vinales akan berpasangan dengan Quartararo bukan Rossi di Yamaha. Bagi Maverick, jika dia menerima tawaran Ducati maka itu adalah akhir karier jika tidak memiliki karakter," jelas Reggiani.

"Di Yamaha mereka tahu cara menanganinya dan mengembalikan ke level yang terbaik. Quartararo terlihat seperti fenomena, tetapi sejauh ini yang sudah meraih dua kemenangan adalah Vinales," tambah mantan komentator itu.

Persaingan terakhir para pebalap MotoGP 2019 bakal berlangsung di MotoGP Valencia pada akhir pekan mendatang.

Live streaming MotoGP Valencia 2019 dapat disaksikan di CNNIndonesia.com, sedangkan siaran langsung MotoGP Valencia 2019 bisa diikuti di Trans 7. (nva/har)