Dibayangi Demo, Hari Pertama Hong Kong Open 2019 Lancar

CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 22:00 WIB
Dibayangi Demo, Hari Pertama Hong Kong Open 2019 Lancar Enam wakil Indonesia berlaga di hari pertama Hong Kong Open 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari pertama turnamen bulutangkis Hong Kong Open 2019 berjalan lancar kendati dibayang-bayangi aksi demonstrasi yang sudah berlangsung berbulan-bulan di negara tersebut.

Hong Kong Open merupakan salah satu turnamen yang rutin digelar setiap tahun. Kejuaraan yang masuk dalam kategori BWF World Tour Super 500 itu diikuti pebulutangkis-pebulutangkis top dunia, termasuk atlet-atlet top Indonesia seperti Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Jonatan Christie, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Penyelenggaraan hari pertama yang melangsungkan babak kualifikasi dan babak pertama di sektor ganda campuran berjalan lancar. Seluruh pertandingan berjalan tanpa hambatan.


"Segala kemungkinan terkait keamanan dan status turnamen telah diperhatikan. Prioritas nomor satu adalah keselamatan para atlet, pemain, ofisial, penonton dan staf dan hal ini telah diperhitungkan dalam semua keputusan," kata juru bicara Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) kepada AFP.

Dibayangi Demo, Hari Pertama Hong Kong Open 2019 LancarHafiz Faizal/Gloria Emanuelle WIdjaja melaju ke babak kedua Hong Kong Open 2019.
Salah satu pemain Indonesia yang berlaga di babak kualifikasi, Lyanny Alessandra Mainaky, kalah 10-21, 22-20 dan 19-21 dari atlet tuan rumah Cheung Ying Mei yang bangun pagi sekali untuk menghindari kemacetan lalu lintas demi tiba di lokasi pertandingan tepat waktu.

Dari enam wakil Indonesia yang tampil pada hari pertama, hanya dua yang meraih kemenangan yakni ganda putri Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah, dan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Dibayangi Demo, Hari Pertama Hong Kong Open 2019 Lancar
Sementara para pemain Hong Kong merasa mendapat dukungan penuh dari suporter tuan rumah yang ada di Hong Kong Coliseum.

"Bahkan di kota, dengan apa yang terjadi, mereka [penggemar] juga datang untuk mendukung, mendukung seluruh Hong Kong, semuanya." kata atlet ganda putra Hong Kong Yeung Ming Nok yang meraih tiket ke babak utama bersama Ng Tsz Yau setelah mengalahkan rekan senegara Yeung Shing Choi/Ka Yan Fan.

[Gambas:Video CNN]
"Kami bermain bagus, orang-orang Hong Kong yang berteriak membantu kami. Penontonnya benar-benar hebat. Di luar meskipun orang-orang protes, kami masih fokus pada pertandingan," ujar Chang Tak Cing yang merupakan tandem Yeung di sektor ganda putra, setelah mengalahkan ganda Taiwan Chang Ko-chi/Lu Chia-pin.

Pemain-pemain unggulan dari Indonesia baru akan memainkan babak pertama pada Rabu (13/11). Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Jonatan Christie, dan Anthony Sinisuka Ginting bakal berhadapan dengan wakil-wakil tuan rumah.

Pertandingan pada hari kedua Hong Kong Open 2019 akan dimulai pada pukul 9 pagi waktu setempat atau pukul 8 pagi waktu Indonesia barat dan direncanakan selesai sekitar pukul 10 malam WIB. (nva)