Yamaha Tolak Keinginan Rossi Soal Pebalap Tes

CNN Indonesia | Rabu, 13/11/2019 04:30 WIB
Yamaha Tolak Keinginan Rossi Soal Pebalap Tes Yamaha menolak pebalap tes pilihan Valentino Rossi. (Michal CIZEK / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yamaha memastikan menolak sejumlah pebalap pilihan Valentino Rossi untuk mengisi posisi sebagai pebalap tes pada MotoGP 2020.

Sebelumnya, Rossi mengajukan nama Johann Zarco untuk menjadi pebalap tes Yamaha musim depan. Namun, Honda disebut lebih dahulu sepakat dengan pebalap asal Prancis itu.

Rossi dan Maverick Vinales kemudian disebut-sebut berharap besar agar Yamaha memperpanjang kontrak Jonas Folger sebagai pebalap tes mereka. The Doctor memang amat berharap agar para pebalap tes dari Yamaha merupakan atau pernah menjadi pebalap top di MotoGP.


Meski demikian, seperti dikutip dari Sportal, keinginan Rossi tersebut tampaknya tidak dikabulkan pihak Yamaha. Tim pabrikan asal Jepang itu lebih memprioritaskan para pebalap tes dari negara mereka.
Yamaha tak memperpanjang kontrak Jonas Folger sebagai pebalap tes untuk MotoGP tahun depan. (Yamaha tak memperpanjang kontrak Jonas Folger sebagai pebalap tes untuk MotoGP tahun depan. (AFP PHOTO / Robert MICHAEL)
Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Folger yang tak mendapatkan perpanjangan kontrak sampai 2020.

"Berita buruk ini amat mengejutkan saya. Padahal sebelumnya kami sudah sepakat secara lisan dengan Yamaha untuk melanjutkan bahkan memperluas proyek ini."

"Kemudian tiba-tiba penolakan datang meski sebelumnya mereka meyakinkan saya akan mendapatkan perpanjangan kontrak segera. Mereka [Yamaha] mengatakan akan memprioritaskan program tes kepada para pebalap asal Jepang," terang Folger.

[Gambas:Video CNN]
Keputusan Yamaha tidak memperpanjang kontrak Folger sebagai pebalap tes diakui membuatnya sangat rugi.

"Saya sangat kecewa karena saya sudah tidak lagi di proyek ini dan telanjur membatalkan pilihan-pilihan lain tahun depan."

Yamaha Tolak Pebalap Tes Pilihan Rossi
"Amat disayangkan. Padahal ini bisa saja tantangan yang sangat menarik sekaligus tugas penting. Untuk sementara ini saya tidak tahu bagaimana melanjutkan karier saya. Saya belum ada pilihan lain ke depannya," kata Folger.

Live streaming MotoGP Valencia 2019 bisa disaksikan di CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung MotoGP Valencia 2019 dapat ditonton di Trans 7. (bac/bac)