Malaysia Incar Kemenangan Lawan Indonesia demi Piala Asia

CNN Indonesia | Rabu, 13/11/2019 15:45 WIB
Malaysia Incar Kemenangan Lawan Indonesia demi Piala Asia Timnas Indonesia bakal bertamu ke Malaysia pada pertengahan November 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malaysia mengincar kemenangan atas Timnas Indonesia dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023, Selasa (19/11) di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, demi tiket Piala Asia.

Pemain andalan timnas Malaysia, Mohamadou Sumareh, menyebut Harimau Malaya masih memiliki kans bersaing dalam perebutan tiket Piala Asia 2023.

Sumareh menegaskan peluang masih terbuka asalkan Malaysia bisa meraih kemenangan pada laga sisa, termasuk dua pertandingan kandang yang akan dihadapi dalam waktu dekat melawan Thailand (14/11) dan Indonesia (18/11).


"Setelah menang atas Indonesia dan apa yang kami tunjukkan saat melawan Uni Emirat Arab [UEA], kami sudah meletakkan satu tahap lebih tinggi. Kami sudah buktikan kami bisa bermain dengan baik," kata Sumareh dikutip dari Berita Harian.

Malaysia Incar Kemenangan Lawan Indonesia demi Piala AsiaMohamadou Sumareh pemain Malaysia keturunan Gambia. (Mohd RASFAN / AFP)
"Saya paham kekalahan dari Vietnam mengecewakan pendukung. Mereka hanya mau kami memberikan aksi terbaik dan kami juga sadar perlu memberikan yang terbaik. Kami akan berikan 100 persen. Kami harus memenangkan dua pertandingan ini [melawan Thailand dan Indonesia] untuk memberi kepercayaan diri di Piala Asia," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]
Malaysia saat ini menempati peringkat keempat di klasemen Grup G. Dari tiga laga, Malaysia meraih tiga poin hasil kemenangan atas Indonesia. Malaysia kalah 1-2 dalam laga kedua melawan UEA dan takluk 0-1 dalam laga ketiga di kandang Vietnam.

Selain unggul tiga poin dari Indonesia yang belum pernah meraih poin dari empat laga dan menjadi juru kunci Grup G, Malaysia tertinggal tiga poin dari UEA serta terpaut empat poin dari Thailand dan Vietnam.

Malaysia Incar Kemenangan Lawan Indonesia demi Piala Asia
Dari lima negara yang ada di Grup G, hanya pemimpin klasemen yang bakal mendapat tiket langsung ke Piala Asia. Sementara runner up grup bisa meraih tiket langsung atau menjalani fase kualifikasi tahap tiga, tergantung dari perolehan poin yang kelak bakal dibandingkan dengan tujuh runner up grup lainnya.

Penghuni peringkat ketiga di fase grup dipastikan harus menjalani fase kualifikasi tahap tiga. Sedangkan peringkat keempat bisa langsung menjalani fase kualifikasi tahap tiga atau diwajibkan menjalani play-off. Tim juru kunci pun masih punya kesempatan melangkah ke Piala Asia dengan melakoni play-off terlebih dahulu. (nva/jun)