Timnas Indonesia U-23 Unggul 1-0 Atas Iran di Babak Pertama

CNN Indonesia | Rabu, 13/11/2019 17:22 WIB
Timnas Indonesia U-23 Unggul 1-0 Atas Iran di Babak Pertama Ilustrasi pertandingan Timnas Indonesia U-23. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-23 unggul 1-0 atas Iran di babak pertama dalam laga uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (13/11).

Bermain di hadapan publik sendiri, Timnas Indonesia U-23 malah lebih banyak ditekan oleh Iran di menit-menit awal pertandingan. Meski demikian, Timnas Indonesia U-23 malah bisa unggul lebih dulu pada menit ke-10. Gol ke gawang Iran dicetak Muhammad Rafli.

Gol itu berawal dari umpan terobosan Syahrian Abimanyu ke Feby Eka Putra yang lolos dari jebakan offside. Pemain Persija Jakarta itu lantas menyodorkan bola ke arah Rafli yang dengan mudah menyepak bola ke gawang lawan.


Timnas Indonesia U-23 Unggul 1-0 Atas Iran di Babak PertamaIlustrasi pertandingan Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)
Selepas gol itu, Iran makin gencar melakukan tekanan untuk menyamakan kedudukan. Penyerang Iran, Mohammad Mehdi hampir saja membuat skor jadi 1-1 melalui sundulan usai menerima umpan Reza Shekari pada menit ke-11.

Hanya saja sundulan Mehdi yang berdiri tanpa kawalan berada tipis di samping kanan gawang Awan Setho.

[Gambas:Video CNN]
Semenit berselang, giliran Mohammad Reza Azadi melewatkan peluang emas milik Iran. Sundulan Azadi yang dalam posisi bebas di kotak penalti tidak menemui sasaran.

Tekanan yang diberikan Iran coba direspons oleh Timnas Indonesia U-23. Namun koordinasi permainan yang tidak berjalan baik dan umpan yang seringkali salah membuat anak asuh Indra Sjafri kesulitan untuk mengimbangi permainan Iran.

Timnas Indonesia U-23 Unggul 1-0 Atas Iran di Babak Pertama
Alhasil, pertandingan sepenuhnya jadi milik Iran. Berkali-kali peluang didapat tim tamu untuk membobol gawang Awan Setho Rahardjo.

Beruntung penyelesaian akhir Iran juga tidak optimal. Selain itu, Awan Setho juga tampil impresif untuk menggagalkan setidaknya tiga peluang emas pasukan Hamidreza Estili.

Jelang akhir babak pertama usai, Indra menarik keluar Lutfi Kamal dan memasukkan Zulfiandi. Hanya saja kehadiran Zulfiandi belum memberikan banyak perubahan untuk permainan Timnas Indonesia U-23.

Skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-23 atas Iran pun bertahan hingga babak pertama usai.

Susunan pemain

Timnas Indonesia XI (4-2-3-1): Awan Setho Rahardjo; Asnawi Mangkualam Bahar, Andy Setyo, Bagas Adi, Firza Andika; Lutfi Kamal, Evan Dimas, Syahrian Abimanyu; Feby Eka, Muhammad Rafli, Irkham Mila.

Iran XI (4-3-3): Meraj Esmaeili; Mohammad Mioslemipour, Aref Gholami, Aref Aghasi; Omid Nor Afkan, Mohammad Sharifi, Mohammad Mehdi, Reza Shekari; Amir Roustaei, Mohammad Reza Azadi, Mehdi Ghayedi. (jal/jun)