Silva Dihukum karena Guyonan Rasial kepada Rekan di Man City

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 01:00 WIB
Silva Dihukum karena Guyonan Rasial kepada Rekan di Man City Bernardo Silva (kanan) dihukum FA karena guyonan rasial kepada rekan setim di Man City, Benjamin Mendy. (Photo by Anthony Devlin / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Maksud hati bercanda dengan rekan setimnya di media sosial, gelandang Manchester City Bernardo Silva malah mendapat sanksi dari Federasi Sepak Bola Inggris (FA).

Silva dikenakan sanksi satu kali larangan bertanding dan denda 50 ribu poundsterling atau setara Rp900 juta karena cuitan yang dinilai bernada rasial kepada rekan setimnya, Benjamin Mendy.

Pemain timnas Portugal itu sempat mengunggah foto masa kecil Mendy dan disandingkan dengan ikon salah satu merek cokelat bergambar kartun berbibir tebal dan berwarna cokelat.


Dia bermaksud bercanda menyamakan rekannya tersebut dengan gambar itu sehari setelah Man City membantai Watford 8-0 pada 21 September. Meski Mendy tak mencetak gol dan assist, Silva mencoba memuji penampilan bek kiri Man City itu dengan guyonan tersebut.

Silva Dihukum karena Guyonan Rasial kepada Rekan di Man CityBenjamin Mendy rekan setim Bernardo Silva di Manchester City. (FRANCK FIFE / AFP)
FA kemudian menilai kicauan Silva tersebut melanggar regulasi terkait tindakan di media sosial karena menyinggung perbedaan ras.

Selain larangan bermain dan denda, Silva juga harus menjalani program edukasi tatap muka dari FA terkait hal sensitif soal ras.

Dengan demikian, pemain 24 tahun itu bakal absen membela The Citizens pada 24 November untuk menghadapi Chelsea.

[Gambas:Video CNN]
"Bernardo Silva diskors satu pertandingan di laga kompetitif dan denda 50 ribu poundsterling serta harus menjalani edukasi tatap muka setelah melakukan pelanggaran regulasi FA Pasal E3," demikian pernyataan dari FA dikutip dari Mirror.

"Aktivitas gelandang Manchester City itu di media sosial pada 22 September 2019 telah melanggar Regulasi FA Pasal 3E(1) tentang referensi atau ekspresi terkait ras, warna kulit dan etnis."

Silva Dihukum karena Guyonan Rasial kepada Rekan di Man City
Klub merasa dirugikan atas sanksi FA terhadap pemainnya itu. Pihak Man City pun berencana mengajukan banding sehingga hukuman larangan satu kali bertanding bisa dicabut.

Cuitan Silva itu juga sempat mengundang kemarahan netizen karena dianggap terlalu berbau rasialis.

Silva sendiri sudah menghapus unggahannya di Twitter dan mengunggah status lain: Bahkan tak bisa bercanda dengan teman sendiri belakangan ini. Kalian ini..." demikian tulis Silva dalam akun Twitternya.

(bac/bac)