Koeman Tak Menutup Peluang Melatih Barcelona

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 03:00 WIB
Koeman Tak Menutup Peluang Melatih Barcelona Ronald Koeman tak menutup peluang melatih Barcelona. GABRIEL BOUYS / AFP
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman, tak menutup peluang melatih Barcelona untuk menggantikan posisi Ernesto Valverde.

Mantan pemain Blaugrana itu menjadi salah satu kandidat kuat untuk menangani klub raksasa Catalunya tersebut. Pihak klub pun disebut-sebut enggan memperpanjang kontrak Valverde yang akan berakhir pada 30 Juni 2020.

Valverde dianggap gagal menjaga reputasi Lionel Messi dan kawan-kawan sebagai tim yang paling menakutkan di lini depan bagi lawan-lawannya.


Sementara Koeman sendiri masih terikat kontrak dengan timnas Belanda hingga usai turnamen Piala Eropa 2020.

Timnas Belanda saat mengalahkan Belarusia 2-1. (Timnas Belanda saat mengalahkan Belarusia 2-1. (Photo by Sergei GAPON / AFP)
"Mungkin saja [bergabung dengan Barcelona], tapi tunggu setelah Piala Eropa 2020," ujar Koeman dikutip dari Marca.

Koeman dinilai sukses mengangkat prestasi tim Oranye yang sempat terpuruk beberapa tahun terakhir. Di kualifikasi Grup C Piala Eropa 2020, Belanda kini memimpin klasemen di atas Jerman.

[Gambas:Video CNN]
Belanda secara mengejutkan mengalahkan Der Panzer di kandang lawannya itu dengan skor telak 4-2. Setelah itu, Virgil van Dijk dan kawan-kawang menghancurkan tim tamu Irlandia Utara 3-1 pada laga 10 Oktober.

Tangan dingin Koeman di Belanda pun disebut-sebut membuat Barcelona kepincut untuk merekrutnya sebagai pelatih.

Koeman Tak Menutup Peluang Melatih Barcelona
"Saya tidak tahu apakah akan tetap membahas [tentang kemungkinan menjadi pelatih Barcelona] ke depannya karena agak aneh bicara peluang untuk ke klub sementara saya masih menjadi pelatih Belanda," kata Koeman.

Berikutnya, Koeman akan mendampingi skuat untuk laga tandang ke markas Irlandia Utara di Stadion Windsor Park, 16 November, waktu setempat. (bac/bac)