Indonesia Catat Rekor Terburuk di Kualifikasi Piala Dunia

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 13:58 WIB
Indonesia Catat Rekor Terburuk di Kualifikasi Piala Dunia Timnas Indonesia catat rekor terburuk di Kualifikasi Piala Dunia. (dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia mencatatkan rekor terburuk di Kualifikasi Piala Dunia setelah memiliki selisih gol minus 11 pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia menempati posisi dasar klasemen sementara Grup G tanpa meraih poin dalam empat pertandingan.

Lebih dari itu, Tim Merah Putih juga hanya bisa mencetak tiga gol dan kebobolan 14 kali. Dengan catatan-catatan tersebut, Timnas Indonesia kini minus 11 dalam selisih gol.


Rekor di Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu jadi yang terburuk bagi Timnas Indonesia selama melakoni kualifikasi. Dikutip dari WorldFootball.net, Indonesia mulai terlibat dalam Kualifikasi Piala Dunia pada Piala Dunia 1986.

Selama melakoni empat laga di Kualifikasi Piala Dunia 1986, Indonesia meraih 9 poin hasil dari tiga kemenangan dan menelan satu kekalahan. Pada akhir kualifikasi Indonesia menempati posisi puncak klasemen dengan koleksi 13 poin.

Di Kualifikasi Piala Dunia 1990, Timnas Indonesia meraih tiga poin dalam empat laga awal, hasil tiga kali imbang melawan Korea Utara, Jepang, dan Hong Kong.

Kekalahan dari Vietnam jadi yang keempat bagi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.Kekalahan dari Vietnam jadi yang keempat bagi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Keterpurukan dialami Timnas Indonesia saat melakoni Kualifikasi Piala Dunia 1994. Dalam empat pertandingan pertama Indonesia selalu menelan kekalahan, seperti pada kualifikasi kali ini.

Meski begitu, Indonesia hanya kebobolan 10 gol dan mencetak satu gol, dengan selisih gol hanya minus 9, sedikit lebih baik dibandingkan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

[Gambas:Video CNN]
Perbaikan capaian dimiliki Skuat Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 1998. Timnas Indonesia menang 8-0 atas Kamboja di pertandingan pertama, lalu tiga kali imbang di tiga laga berikutnya.

Timnas Indonesia mengalami salah satu momen terbaik di Kualifikasi Piala Dunia 2002. Di Kualifikasi Piala Dunia 2002 itu Indonesia menang 5-0 atas Maladewa, 6-0 atas Kamboja, kalahkan Kamboja 2-0, dan kalahkan Maladewa 2-0 di empat pertandingan. Di akhir klasemen Indonesia mengumpulkan 12 poin.

Indonesia Catat Rekor Terburuk di Kualifikasi Piala Dunia
Tetapi, kesuksesan Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2002 tidak bisa diulangi di kualufikasi-kualifikasi berikutnya. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2006, Timnas Indonesia sekali menang, sekali imbang dan dua kali kalah. Total dalam enam laga kualifikasi di Grup 8, Indonesia mengumpulkan 5 poin.

Timnas Indonesia gagal mencapai fase grup kualifikasi usai tersingkir di play-off Kualifikasi Piala Dunia 2010 setelah takluk 1-4 dan 0-7 dari Suriah.

Kesialan kembali dialami Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2014. Tim Merah Putih merasakan empat kekalahan. Bahkan, dalam enam pertandingan di kualifikasi, Indonesia gagal meraih poin. Tetapi, di empat laga awal Indonesia memiliki selisih gol minus 10 setelah kebobolan 12 dan mencetak 2 gol.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2016 Timnas Indonesia gagal berpartisipasi setelah mendapat sanksi berat dari FIFA. Indonesia kembali mengikuti Kualifikasi Piala Dunia pada tahun ini dan 2020. Namun, dalam empat laga yang dijalani Timnas Indonesia hanya mencetak 3 gol dan kebobolan 14 kali dengan selisih gol minus 11. (sry/ptr)